ANALISA DATA TANAH DENGAN METODE ZONIFIKASI


Suatu depo Container akan dibangun dikawasan Morokrembangan TNI-AL Surabaya. Karena kekurangan lahan, maka dilakukanlah Reklamasi dikawasan tersebut. Demi mendukung pelaksanaan Reklamasi, sebelumnya dilakukan pengecekan data tanah untuk mengetahui kebutuhan tinggi timbunan reklamasi dan perkuatan-perkuatan yang diperlukan.. Lokasi pelaksanaan reklamasi dan data tanah baik dari pengetesan di lapangan maupun di Lab. Dapat Dilihat pada Lampiran 1.

Soil Investigation yang dilakukan di lapangan adalah Boring dan SPT (Standart Penetration Test). Boring dan SPT dilakukan di 4 titik (B1,B2,BS1 dan BS2) sampai kedalaman 40 meter dari sea bed. Contoh tanah undisturb yang diambil pada saat tes boring diuji di laboratorium untuk mengetahui parameter-parameter tanah lainnya. Data yang diperoleh dari hasil tes lapangan dan laboratorium selanjutnya dianalisa untuk membuat stratigrafi parameter tanah yang dapat mempermudah perhitungan aspek geoteknisnya. Harga N dibawah muka air tanah dan lebih besar dari 15 harus dikoreksi menjadi N’ berdasarkan perumusan sebagai berikut :

N’ = 15 + 0.5 (N-15)

dimana :

N = jumlah pukulan kenyataan dilapangan untuk dibawah muka air tanah.

Dalam pengecekan data tanah tersebut terdapat 4 data tanah dari 4 titik dengan masing-masing kedalaman 40 meter. Masing-masing titik memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda,sehingga untuk memudahkan perhitungan dilakukanlah Penzonaan. Penzonaan dilakukan dengan Zoning Horisontal dan Zoning vertical.

<<selengkapnya>>

Lampiran 1,2,3

Tugas Kuliah Zonifikasi Analisa Data Keandalan untuk Geoteknik.

Program Pasca Sarjana. Jurusan Teknik Sipil-Geoteknik ITS.

Dosen: Prof. Herman Wahyudi

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 13, 2011, in kuliah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: