Analisa Stability lereng dengan pendekatan statistik dan probability


Metode Fractile adalah suatu metode sederhana yang cocok (menurut kami) untuk diaplikasikan dalam bidang Geoteknik. Dimana data tanah yang diperoleh adalah sangat sedikit padahal belum tentu data tanah yang diperoleh tersebut sudah mewakili kondisi tanah sebenarnya dilapangan. Sehingga dilakukan pemilihan nilai data lain dengan beberapa asumsi yang digunakan. Asumsi yang dipilih dalam aplikasi perhitungan geoteknik adalah dimana data tersebut memiliki kegagalan pendesainan antar 0% – 15%. Sehingga nantinya akan terdapat lebih dari 1 nilai yang digunakan sebagai acuan pertimbangan dalam pendesainan.

Dalam buku Analyzing Uncertainty in civil engineering juga sedikit mengulas penggunaan metode Fractile untuk menganalisa data tanah yang minim untuk mengetahui slope stability melalui nilai sudut geser dalam tanah dan nilai c pada tanah. Selain untuk aplikasi di bidang Teknik Sipil, metode ini juga dilakukan untuk bidang ekonomi karena dianggap memiliki estimasi yang lebih teliti dan bila fungsi regresi yang akan dianalisa dianggap sulit pada saat covariates untuk dua populasi memiliki distribusi yang berbeda. (On Fractile Regression, univ.of Michigan and Indian Statistical Institute) Selain itu metode ini juga digunakan untuk mensimulasi Non-Gaussian Procces dengan menggunakan distribusi Fractile (Kok-Kwang Phoon,Ser-Tong Quek, Hongwei Huang (2003). Penulis belum memperoleh gambaran jelas tentang definisi Fractile method karena selain bidang bahasan yang ditemukan melalui literature search engine internet sangat minim kususnya untuk bidang Geoteknik, juga disebabkan lebih banyaknya kata-kata Fractal metode yang sering dibahas secara terperinci sedangkan penulis belum bisa memastikan apakah Fractal adalah sama dengan Fractile method.

<<selengkapnya>>

Digunakan sebagai Tugas ANalisa Data dan keandalan Geoteknik sub bab Metode Monte Carlo dan Fractile.

Dosen: Prof.Herman Wahyudi

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 13, 2011, in kuliah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: