Efek kekakuan pada tanah dengan menggunakan metode perbaikan tanah dengan baja


Perbaikaan tanah dengan sistem pemasangan suatu kolom untuk menahan beban diatasnya membutuhkan banyak biaya khususnya jika tanah yang akan diperbaiki tersebut adalah tanah yang sangat lunak. Sehingga Shoichi Tsutsumi dan Takeshi Oshita (2007) melakukan study analisa untuk mengetahui karakter tanah setelah dipasang kolom dengan baja sebagai penghubung antar kolom. Hasil study tersebut kemudian digunakan sebagai pembanding dengan metode yang telah ada, apakah stone column dengan perkuatan baja tersebut cukup kuat sebagai metode perbaikan tanah pada tanah lunak dan cukup efisien jika dibandingkan dengan metode perbaikan yang lama.

Metode perbaikan tanah baru yang lebih ekonomis dengan menggabungkan beberapa metode sudah banyak berkembang di Jepang. Namun kebanyakan metode perbaikan tanah yang digunakan adalah dengan bantuan mesin,sehingga pengurangan perbaikan tanah agak sulit dilakukan. Sangat tidak mungkin jika dilakukan pemasangan stone column tanpa menggunakan alat mesin Vibro, ataupun dilakukan minimalisasi penggunaan alat lainnya. Sehingga minimalisasi biaya diusahakan dengan mengurangi area tanah yang akan diperbaiki ataupun mengurangi jumlah kolom sebagai perbaikan. Namun,apabila semen pada kolom dikurangi itu berarti perbaikan tanah yang dilakukan adalah tidak maksimal dan kolom tersebut tidak akan mampu menaham beban diatasnya.

Metode barupun diusahakan untuk memperoleh metode perbaikan tanah yang kuat dan ekonomis. Metode yang dikembangkan adalah dengan menggunakan baja sebagai penghubung  antar kolom. Pada Gambar 1 dapat dilihat metode perbaikan tanah secara konvensional dan metode perbaikan tanah yang baru dengan sistem perkuatan baja sebagai penghubung antar kolom. Metode baru ini dapat digunakan sebagai struktur pondasi pada abutmen jembatan dan timbunan. Yang perlu dilakukan adalah mengetahui seberapa besar pengaruh beban untuk mengurangi kepadatan pada kolom dengan perkuatan baja tersebut. investigasi efek kekakuan kolom semen dengan perkuatan baja dilakukan menggunakan test terhadap beban horisontal dengan pemodelan sentrifugal.

<<pdf>>

Digunakan sebagai Tugas tambahan Kuliah Metode perbaikan tanah. Program Pasca Sarjana Jurusan Teknik SIpil ITS.

Dosen: Prof. Noor Endah

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 13, 2011, in kuliah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: