akhiran “an” antara kita dan mereka


hari ini, 2 jam lebih aku menunggu seseorang yang menjanjikan aku untuk datang pukul 12 tengah hari untuk mendiskusikan sesuatu denganku diselasar. bunyi smsnya adalah “iyah bu, jam 12 an saya akan ketempat ibu”. akhiran “an” dibelakang angka 12 ini membuatku menebak-nebak makna “an” yang sebenarnya. apakah “an” tersebut dapat diartikan 12 kurang atau malah 12 lebih?!! yeah, kalau diartikan kurang maka aku harus bersiap-siap dilokasi janjian sebelum waktuny. tapi kalau “an” tersebut diartikan lebih maka yang harus ditebak lagi adalah, seberapa lebih dan seberapa tinggi jamur2 yang akan tumbuh subur kalau aku menunggu si empunya janji muncul…🙂 karena, aku yang sedang butuh orang tersebut, 15 menit sebelum janjian aku sudah beranjak dari ruang baca untuk menuju selasar lokasi kita janjian.

27 menit lewat jam 12 tengah hari…  tapi si empunya janji belum menampakkan diri… dan juga belum menghubungi aku tentang keterlambatannya atau malah pembatalan janjinya.

59 menit lewat 12 tengah hari… si empunya janji belum juga muncul. bahkan aku telah selesai melakukan beberapa rekapitulasi data di labtopku, tapi si empunya janji belum juga muncul. sms pertama aku layangkan, dan dijawab olehnya “maaf bu,saya sedang ada keperluan fotocopy”.. owhh..oke aku memaklumi. toh juga aku yang membutuhkannya jadi aku menunggunya.

1 jam lebih 39 menit dari jam 12 tengah hari..  dia meng sms ku, “saya meluncur kesana”.. setelah menunggu sekian menit, akhirnya si empunya janji muncul juga.

kala itu aku sedikit lega, bukan hanya karena siempunya janji telah menampakkan diri didepanku tapi juga kini aku telah mengetahui makna “an” dibelakang angka 12..

“an” dapat diartikan sebagai : lebih 2 jam dari waktu yang dijanjikan…

kejadian tunggu menunggu tersebut mengingatkanku pada kejadian tahun lalu ketika aku membuat janji dengan seorang pensiunan dosen di Leuven Universiteit, Belgium. waktu itu aku yang tinggal di Lanaken,Belgium berniat untuk mengunjungi kota Leuven dan berkeliling di universitas Leuven yang memang terkenal. akupun meminta ijin dengan pensiunan dosen ini untuk ijin menumpang dirumahnya serta memintanya untuk mengantarkan aku berkeliling di kota indah tersebut. kami pun bertukaran nomer HP. 1 hari sebelum aku ke rumahnya, beliau mengirimkan aku sms.

“jam berapa anda sampai di central station Leuven, karena aku dan suamiku akan menjemputmu distasiun?”

aku menjawab “kira-kira jam 11 an bu”

“bisakah anda menyebutkan waktu pasti jam berapa anda sampai di stasiun?” tanyanya lebih detail.

“aku tidak tahu pasti bu, yang pasti aku berangkat dari rumah dengan 2x ganti bus menuju stasiun Genk, lalu kemudian menggunakan Kereta menuju Leuven. jadi kira-kira jam 11 saya sampai stasiun” jawabku berusaha untuk menjelaskan.

“lalu jam berapa saya harus berada di stasiun?” tanya lagi.

“jam 12an juga boleh bu, saya akn menunggu anda distasiun” jawabku berusaha menjelasakan lagi.

“lalu,jika aku datang jam 12an, kira2 berapa lama anda akan menungguku disana?” tanyanya.

“entahlah bu, tapi saya usakan untuk datang jam 11an di stasiun Leuven” jawabku lagi.

mungkin karena gemes dengan penggunaan embel2 “an” dalam bahasa inggris yang tampak tidak valid itulah akhirnya ibu dosen tersebut mengirimkan aku jadwal Bus hingga Kereta dari rumahku menuju central station Leuven.. dan dari jadwal tersebut terlihat bahwa jika aku berangkan jam 9 dari rumah maka aku baru sampai Leuven jam 12.05.

dibawah email nya tertulis.. “jagalah waktumu dan orang sekitarmu dengan baik. kamu tidak ingin menungguku terlalu lama distasiun kan? begitu juga sebaliknya”

itulah perbedaan cultural kita disini dan disana. ketepatan dan keefektifitasan waktu serta keprofesionalan mereka lebih menonjol dari pada kita. mungkin itu yang membuat mereka lebih maju dari pada kita.

aku harap penduduk Indonesia akan seperti itu nanti…:)

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 21, 2011, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

