perbedaan karakter 4 musim… sedih,dramatis,ceria,tertawa…


berbeda dengan Indonesia yang merupakan negara tropis yang terletak tepat di garis katulistiwa, Belgia dan negara-negara lain memiliki 4 musim. sehingga dengan 12 bulan dalam setahun,masing-masing musim mendapat jatah 3 bulan dalam satukali periode peluncuran musimnya pertahun. agak sedikit tidak umum memang,bagi saya yang notabene seorang asia yang sangat familiar dengan hirukpikuk kepanasan ditiap harinya harus hijrah selama beberapa saat di negara dengan musim yang saya anggap extrem. saya menginjakan kaki dinegara 4 musim tersebut tepat dibulan Nopember dimana pada saat itu temperatur udara diluar ruanagn mencapai angka belasan. kala itu musim gugur, beberapa saat menjelang musim dingin atau winter tiba, musim dimana saya belum pernah merasakan sebelumnya. tentu saja, perasaan pertama yang saya rasakan adalah seperti didalam kulkas. aroma dingin benar-benar membuat saya untuk malas bepergian keluar. suasana yang indah dimusim gugur yang dulu hanya bisa saya lihat di film2 romantis eropa kini sudah berada tepat didepan saya, namun perasaan yang terlalu kedinginan memuat saya enggan untuk keluar rumah. suhu seperti ini,dimana angin bertiup cukup kencang dan matahari enggan tersenyum ceria para penduduk kota lebih memilih untuk berdiam diri didalam ruangan. jalanan nampak sangat sepi jika dibandingkan dengan kota tempat tinggal saya di Indonesia. tapi, suasana temaram langit mengesankan kecantikan dan keromantisan Eropa yang membuat saya betah untuk memandangnya walau masih dari balik jendela beranda kamar saya. musim gugur sama halnya dengan musim dingin dan semi,matahari serasa malas untuk bersinar sehingga haripun dimulai sangat terlambat dan berakhir dengan sangat cepat. saya terkaget-kaget ketika bangun pagi sekitar pukul 6am (dimana jadwal kebaisaan saya bangun di indonesia) hari masih gelap, matahari belum menampakkan batang hidungnya. dan kala itu seingat saya, matahari baru muncul sekitar pukul 7 pagi serta mulai gelap sekitar pukul 5 sore. agak aneh memang bagi saya yang baru pertama kali merasakan keganjilan ditengah perasaan jetleg saya dihari-hari pertama kedatangan saya dinegara itu.

bulanpun berganti, dan musimpun juga berganti dengan cepat. hanya 3 bulan saja masyarakat Eropa dapat merasakan keindahan musim gugur dimana dedaunan pepohonan dihutan belakang rumah saya menguning dan berguguran dengan indahnya. keindahan tersebut hanya dapat dirasakan selam 3 bulan dalam setahun hingga akhirnya berubah ke musim yang menurut saya sangat dramatis yaitu winter. temperatur udarapun merangkak turun keangka 1 digit hingga dibawah 0 derajad dimana salju mulai berguguran dari langit dan haripun menjadi semakin singkat. pertama kali melihat salju perasaan saya senang tapi lebih kearah kawatir dengan keselamatan saya dimusim itu. bayangkan, saya yang terbiasa hidup di bawah suhu 30an derajat harus hidup selama 3 bulan dibawah suhu rata-rata 3 derajat dan bahkan ada suatu hari yang bertemperatur hingga -10 derajat. perbedaan temperatur yang sangat dominan antara dalam ruangan dengan mesin penghangat dengan luar ruangan dibawah 0 derajat membuat saya mimisan waktu itu. Memang aturan mengatakan bahwa, sebelum keluar ruangan yang berpenghangat sebaikan selama kurang lebih 10 menit sebelum keluar saya harus mematikan mesin penghangat. hal tersebut dimaksud untuk menetralisir suhu tubuh kita sehingga kuat menahan dinginnya suhu diluar ruangan. kebodohan saya yang tidak mentaati peraturan tersebut membuat saya mimisan…:( . Suhu dingin dan bahkan menurut saya super dingin mebuat beberapa ruas jari tangan saya terluka karena terlalu kering bahkan bibir saya juga luka karena terlalu kering. memang pada saat winter tiba,pengeluaran extra untuk membeli beberapa krim suplement kulit dan bibir perlu disiapkan. jika tidak konsekuensi terluka seperti saya pasti akan anda dapatkan.oh iya, pada musim dingin ini perjalanan keluar tidak dapat dihindari. berbagai event yang bertajuk winter festifal banyak diselenggarakan di setiap kota di masing2 negara di eropa. sayapun sempat mencicipi beberapa winter event yang diselenggarakan dikota-kota di Belanda maupun Belgia. walaupun dingin, tentunya harus dilakoni…

Perlengkapan keluar jika ingin traveling dikala winter:

  • siapkan beberapa krim kulit dan krim bibir dan kalau perlu krim rambut. gunakansemua krim itu ketika anda bepergian keluar rumah. persiapkan krim tangan dan krim bibir di tas tangan anda sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya sewaktu2. karena bibir dan tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersinggungan dengan udara luar. karena, walaupun mengenakan sarung tangan tapi ketika anda membayar sesuatu,mengeluarkan uang untuk membayar tiket pastilah akan cukup ribet kalau tetap mengenakan sarung tangan winter yang relatif tebal.
  • jas winter yang cukup nyaman, ringan dan membuat anda mudah bergerak. yang tidak dapat dihindari dalam bertraveling diEropa adalah, berkejaran dengan jadwal bus ataupun kereta sehingga mau tidak mau,suka tidak suka anda bisa jadi akan sering berlarian untuk mengejar jadwal kereta ataupun bus sehingga kenakanlah jaket yang hangat dan jaman.
  • sepatu boots yang sporty dan cukup mendukung perjalanan anda. Ingat!! musim dingin bersalju akan membuat perjalanan anda tidak nyaman. jalanan akan dipenuhi salju yang licin sehingga menyusahkan anda dalam berjalan. kenakanlah sepatu boots yang tidak licin dan nyaman buat anda.
  • penutup telinga dan kepala. telinga anda akan sangat peka terhadap udara dingin. karena bisa saja disaat temperatur sangat dingin,telinga anda tidak kuat menahannya sehingga akan sangat berbahaya bagi pendengaran anda.

musimpun berubah, musim yang sangat saya tunggu-tunggu yaitu musim semi. musim dimana semua tumbuhan yang daun dan bunganya berguguran kala musim gugur dan membeku kala musim dingin, pada musim semi ini mulai tumbuh dan menunjukkan kecantikkannya. di musim ini, banyak kawasan di beberapa negara yang khususnya memiliki ladang bunga, memamerkan keindahan dan kecantikan bunganya. Dibeberapa kota di Belgia dan Jerman memiliki suatu event pesta bunga dipusat kota dan yang terkenal adalah Keukenhof di desa Lisse beberapa km dari kota AMsterdam,Belanda. aroma kotapun menjadi lebih wangi dan wajah-wajah penduduk kota menjadi lebih ceria. tidak sedikit penduduk kota membawa seikat bunga cantik yang akan diberikan kepada orang terkasihnya atau kepada kawannya. di belanda bunga adalah simbol kasihsayang dan persahabatan. banyak penduduk belanda yang berusaha mengungkapkan perasaannaya entah itu sayang, terima kasih ataupun hormat dengan menggunakan bunga. sayapun mengikuti kebiasaan mereka ketika berkunjung kerumah teman saya berkebangsaan belanda yang tinggal di Kota Utrecht salah satu kota pelajar di Belanda.

musim berganti menjadi Summer….dan summer menurut mereka merupakan musim terindah yang pernah dimiliki. haripun menjadi jauh lebih panjang. matahari terbit sangat early morning dan tenggelam sekitar pukul 11 malam. keanehan yang saya rasakan waktu itu adalah, tidur dengan kondidi matahari masih bersinar dengan terang. serasa tidur siang…:) . di musim ini, jalanan menjadi sangat aktif dan ramai,dimana penduduk kota beramai-ramai mengendarai sepedanya dengan mengenakan pakaian2 musim panas yang terlihat cerah dan menyenangkan. biasanya pada musim ini para pekerja mendapatkan atau malah sengaja mengambil libur panjang supaya bisa menikmati hangatnya matahari dikawasan-kawasan eropa khusunya dipinggir pantai. berlibur merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu, selama setahun dimusim panas inilah biaanya para pekrja mendapatkan libur panjang dan sekaligus merasakan hangatnya cahaya matahari. Pinggir pantai dan Padang rumputpun menjadi jujugan warga untuk menghabiskan liburan. sehingga 2 kawasan tersebut akan sangat ramai dimusim panas. cafe-cafe dikawasan centrum (pusat kota) pun menggelar kursi-kursinya agak menjorok keluar sehingga dapat para pengunjung cafe dapat menkmati hangatnya sinar matahari. bagi saya,matahari bukan hal yang terlalu menyenangkan karena di indonesia saya sudah kenyang merasakan matahari. namun, saya tidak mau ketinggalan dengan semarak musim panas. dengan sedikit berat hatipun saya menerima ajakan teman dari Jerman,mexico dan columbia untuk berjemur. dibawah suhu 25 derajat,kamipun berjemur dipadang rumput kota sebelah…:) namun sayang, semarak musim panas hanya berlangsung selama 3 bulan dan kemudian musim berganti menjadi dingin-dingin dan semakin dingin.

dari keempat musim dalam 1 tahun tersebut, sayapun dapat menyipulkan sesuatu. dengan singkatnya musim yang ada,dan singkatnya mereka menikmati matahari, berpengaruh terhadap gaya hidup pendududk 4 musim. salah satu gaya hidup mereka adalah efektifitas waktu. waktu yang mereka gunakan harus efektif karena waktu yang mereka miliki sangat singkat. untuk kegiatan berkebun mereka hanya memiliki 6 bulan saja yaitu pada musim semi dan musim summer, jadi pada musim tersebut mereka harus mampu mengefektifkan waktu agar perkebunan mereka berjalan dengan baik karena tidak akan mungkin mereka lakukan dimusim dingin. untuk kegiatan2 kecil lainnya pun harus mereka mengefektifkan waktunya, kegiatan belanja, berkunjung kerumah teman, bersepeda, berolahraga, berlibur harus mereka lakukan seefektif mungkin disaat 3 bulan matahari menyapa di musim panas karena dimusim lainnya sangat tidak nyaman melakukan hal2 yang saya sebut diatas.

jangan heran jika orang eropa sering melihat jam, sering berjalan cepat mengerjakan sesuatu dengan cepat, janjian selalu tepat waktu dan tiap detikpun berarti bagi mereka karena mereka tidak mau kehilangan waktu berharganya hanya gara2 teledor dengan waktu.

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 23, 2011, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

