LDR… Long Distance Relationship dan Loro Deh Rasane


bagaimana sih rasanya LDR alias long distance relationship yang merupakan bahasa keren dari hubungan pacaran jarak jauh? jawabannya adalah Loro Deh Rasane.. menurut saya yang pernah mengalaminya sih begitu..:).

LDR merupakan suatu hubungan yang tidak berperi pacaran dan tidak berperi kebahagiaan. pendapat tersebut lagi-lagi menurut saya pribadi. apalagi jika LDR yang dialami adalah LDR tingkat tinggi yang sudah berstatus VLDR (very LDR) atau malah VVLDR (veryvery LDR) dimana salah seorang diantara pasangan tersebut harus meninggalkan pasangan lainnya ke suatu tempat yang berjarak belasan hingga puluhan jam dalam pesawat,beda negara,beda benua, beda waktu dan juga beda provider HP sehingga tidak bisa sewaktu2 menghubungi pasangannya. tentunya perlu perjuangan extra keras untuk get the feel dengan hubungan semacam itu. Banyak yang berhasil dalam menjalankan hubungan tersebut dan banyak juga yang gagal. hal tersebut tergantung pribadi dan komitmen masing-masing pasangan yang menjalani hubungan tersebut. Beberapa teman saya melakukan “kegiatan” VVLDR dan ternyata cukup sukses menjalankannya tetapi teman yang lain ada juga yang tidak berhasil dengan hubungan tersebut. yah.. depend on lah…disini saya tidak akan membahas, tips atau trik menjalankan “kegiatan” semacam ini, tetapi yang akan saya bahas disini lebih banyak berkisar antara bagaimana perasaan,untung ruginya dan sedih-senangnya menjalankan “kegiatan” yang cukup berbahaya dan menguras pikiran ini..:)

how’s the feeling :

  • Pertama kali anda hinggap di suatu negara dengan beda waktu yang berbeda dengan waktu dinegara anda tentunya perasaan bingung akan hinggap dihati anda. dalam kebingungan anda tsb, tentunya anda membutuhkan teman untuk berbagi. di negara asal, pasangan anda merupakan “tempat sampah” anda untuk membuang keluh kesah hingga menceritakan hal2 yang tidak penting sekalipun. Kondisinya akan sebaliknya, belum ada teman berbagi, belum ada provider HP yang terjangkau untuk menelepon murah pasangan anda, kalaupun anda sudah menggunakan skype atau perangkat lain untuk menelepon kendala waktu akan menjadi masalah.
  • perasaan aneh dan terasa ada yang kurang dalam hidup anda. mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan romantis pasangan dengan saling menyapa melalui sms dipagi hari ataupun ucapan selamat tidur dimalam hari. namun, akan terjadi sebaliknya. dikala pagihari diwaktu anda belum tentu juga pagi hari diwaktu pasangan begitu juga pada saat menjelang tidur.
  • Tidak adanya sms2 nggombal yang hinggap di HP ada, kalaupun ada itupun hanya sekali 2 kali mengingan biaya sms ke luar negeri jauh lebih mahal dibandingkan dengan di dalam negeri apalagi sesama provider.
  • Tentunya akan merasakan kesepian dimalam minggu. Perasaan mengharu biru akan hinggap dihati anda khususnya jika anda mengenang kegiatan malam minggu bersama pasangan anda. lupakan itu untuk sementara waktu dan lakukan kegiatan lainnya.
  • Sewaktu-waktu harus rela bangun ditengah malam ataupun pagi buta waktu anda hanya sekedar menyapa pasangan dengan kata-kata romantis ataupun menyemangati pasangan anda yang mungkin sedang merasa down atau sebangsanya.
  • Jika pasangan anda berada jauh dinegeri orang, perasaan homesickpun akan sering dialami dia di 1-3 bulan pertama. jadilah orang yang sabar dan jadilah penasehat dan pendengar yang baik untuk pasangan anda. jika pasangan anda adalah wanita, bersiaplah untuk mendengarkan suara tangisan ataupun email dan chat mengharubiru dari dia.
  • Bersiap-siaplah waswas dan kawatir jika pasangan anda yang tinggal dinegeri orang berupaya untuk bereksperiment dengan sarana transportasi di awal-awal dia tinggal disana. Perasaan paranoid dan kawatir tingkat tinggi akan hinggap dihati anda, apalagi pasangan anda akan trip di negara orang dengan sistem yang lebih beradap dan modern yang belum pernah disentuh sebelumnya. Jangan tunjukkan kekawatiran itu kepada pasangan anda, cukup dengan memberi nasihat untuk berhati-hati dan berdoalah. percayalah bahwa pasangan anda mampu dan cukup survive untuk hidup di tempat asing semacam itu.
  • bersiap-siaplah kehilangan contact dengan dia selama beberapa waktu. karena, berada dinegara orang tentunya banyak tempat yang perlu dijelajahi disamping melakukan kegiatan utama sebagai pelajar ataupun pekerja. sehingga kadang dengan trip semacam itu dia akan sedikit melupakan anda, serta melupakan perasaan homesick dia. tapi dalam kondisi itu, anda harus tetap tunjukkan rasa peduli,perhatian dan sayang anda kepada dia baik lewat sms maupun email. hal tersebut akan membangkitkan semangat dia ketika dia membacanya.

awet atau tidaknya hubungan LDR tergantung pada komitmen kita untuk menjalaninya dan kesabaran kita untuk mengcover dan mengcounter pasangan kita. selamat “bersenang-senang” bagi anda yang menjalankan “kegiatan” LDR ini..semoga ada manfaatnya dan membuat anda semakindewasa dalam menjalaninya…🙂

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 25, 2011, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: