sistem pembuangan sampah rumah tangga di Belgia dan sekitarnya


banyak hal-hal kecil dan terbuang yang bisa menjadi suatu pelajaran menarik yang perlu dikembangkan contohnya,sampah. bukan sampahnya yang saya maksud menarik disini, melainkan proses pengolahannya. sebenarnya ini merupakan suatu hal kecil yang berhubungan dengan kebiasaan kita sehari-hari, tapi kalau tidak dibiasakan maka urusan sampah dan proses-prosesnya ini dapat menjadi biang keladi dari berbagai masalah. lihat saja sekitar kita, sampah menumpuk dimana-mana menyumbat sungai dan menyebabkan banjir. selain banjir, bibit penyakitpun dapat berkembang dengan cepat. padahal kita tahu bahwa biaya dokter dan harga obat sudah kian melambung. biang kerok dari penyakit tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah akibat kebersihan yang tentunya berkaitan erat dengan sampah. hanya karena sebungkus sisa makanan basah dari satu orang dibuang sembarangan dipinggir jalan lalu membusuk, maka penyakitpun dapat menyebar hanya dari barang sekecil sisa makanan tersebut. dapat anda bayangkan, jika jumlah penduduk disuatu kota mencapai angka 1000, dan masing2 orang membuang sampah makanananya sembarangan sebanyak 1 kali sehari, maka dapat dihitung seberapa banyak sampah yang menumpuk dijalanan selama 1 bulan dan seberapa tinggi tingkat penyebaran penyakit yang terjadi dikota padat penduduk dan padat sampah tersebut. mungkin kita perlu banyak belajar dari negara lain yang sudah memiliki sistem pembuangan sampah yang sangat baju yang berawal dari kebiasaan-kebiasaan kecil penduduknya.

sistem pembuangan sampah di belgia,belanda,luxemburg,jerman dansekitarnya.

Belgia,Netherlands,dan Luxemburg atau biasa disingkat Benelux dan Jerman merupakan negara kecil yang maju dikawasan Eropa. negara tersebut memiliki sistem pengolahan sampah yang maju. dimana sistem pengolahan sampah tersebut berdampak sangat positif terhadap negara tersebut. tidak ada sedikitpun sampah yang berserakan di tempat umum, transportasi masal maupun dirumah-rumah penduduk.  hal positif tersebut merupakan dampak dari kebiasaan kecil warga dalam pengolahan sampah rumah tangga yang didukung oleh pemerintah dimasing-masing kota. dikawasan limburg, (belanda bagian selatan dan kawasan belgia perbatasan belanda) memiliki sistem pembuangan sampah yang menurut saya unik,karena belum pernah saya temui di Indonesia. masing-masing rumah wajib menyiapkan 5 macam pemilahan sampah yang terdiri dari :

  • sampah rumah tangga. merupakan jenis sampah-sampah kecil rumah tangga termasuk potongan kertas kecil,plastik kecil atau sampah-sampah kecil non-klasifikasi. jenis sampah ini dimasukkan kedalam plastik sampah ukuran besar yang harus dan wajib berwarna hitam dan abu2. jenis sampah ini kemudian akan diambil oleh petugas kebersihan dikota tersebut setiap 1 minggu sekali. biasanya jadwal pengambilan ditetapkan oleh pemerintahan kota setempat, jadi kawasan satu akan berbeda dengan kawasan lain untuk jadwal pengambilan sampah tersebut. biasanya pada saat jadwal pengambilan sampah tsb disuatu daerah,maka dipagi hari dapat anda lihat kantong2 sampah besar berwarna hitam ataupun abu2 berjejer rapi didepan masing-masing rumah. Dimulai pukul 8 pagi, petugas kebersihan dengan truk pengangkut sampahpun mulai berpatroli memunguti plastik-plastik tersebut.
  • Sampah botol minuman plastis termasuk kotak tetrapack susu dan juice. sampah-sampah ini ditaruh di plastik berwarna biru besar. sebelum dimasukkan kedalam plastik tersebut, botol plastik dan tetrapack tersebut harus dikempeskan terlebih dahulu. sama halnya dengan plastik sampah hitam diatas, plastik ini akan diambil setiap 1 minggi sekali dengan jadwal yang berbeda dengan plastik hitam dengan diletakkan di depan rumah masing-masing.
  • Sampah kertas yang terdiri dari kotak cereal, box sepatu dan segala macam sampah-sampah kertas. tidak ada plastik khusus untuk menempatkan sampah jenis ini, tetapi diletakkan didalam suatu box besar atau semacam itu dan akan diambil setiap 2 minggu sekali dengan sistem yang sama dengan 2 jenis sampah diatas. dalam tumpukan sampah kertas tersebut tidak diperbolehkan sedikitpun sampah-sampah nonkertas bercampur didalamnya. jika hal tersebut diketahui petugas, maka sampah tersebut tidak akan diambil dan diproses didalam truk pengangkut sampah. jika hal tersebut terjadi,mau tidakmau pemilik sampah tersebut harus mengantarkan langsung sampah tersebut ke tempat pembuangan sementara dipinggiran kota bersamaan dengan lokasi pembuangan sampah kaca.
  • Sampah kaca, terdiri dari botol-botol kaca. Orang eropa sering mengkonsumsi wijn dan juga makanan2 yang diletakkan didalam botol plastik. sehingga terdapat proses daur ulang sendiri untuk sampah jenis ini. berbeda dengan ketiga jenis sampah diatas, pemilik sampah wajib membuangnya langsung ketempat pembuangan sementara di pinggir kota. untuk masuk ke lokasi ini, para pembuang sampah harus memiliki kartu anggota kota khusus sebagai bukti berlangganan pembuangan sampah. botol-botol sampah tersebut dibuang kedalam sebuah wadah besar yang dibagi menjadi 2, yaitu kaca putih bening dan kaca gelap bening. sampah-sampah tersebut harus dibuang dengan memisahkan penutupnya terlebih dahulu.
  • Sampah Organik. sampah ini terdiri dari sampah sisa-sisa buah, bunga hias,tanaman serta rerumputan. sampah ini diletakkan didalam kotak sampah besar berwarna hijau (seperti yang ada di Indonesia juga) dengan tutup yang higienis. maksudnya, penutup sampah ini didesai rapat sehingga tidak tercium bau pembususkan sampah organik yang dipendam selama 2 minggu didalamnnya. sampah ini akan diambil setiap 2 minggu sekali.

proses pembuangan sampah tersebut tentunya akan sedikit berbeda satu dengan yang lainnya, namun di masing-masing kota diempat negara tersebut memiliki sistem pembuangn sampah yang hampir sama. perlu diketahui juga, sebelumnya penduduk wajib melaporkan diri ke pemerintah kota jika ingin berlangganan menjadi pembuang sampah ditempat tersebut sehingga setiap tahunnya pemerintah kota akan mengirimkan kalender jadwal pengambilan sampah dalam setahun. prosesnya tidak seberapa mudah bagi imigran pendatang maupun bagi penduduk yang suka tinggal berpindah-pindah. ada kalanya seseorang yang sering tinggal berpindah-pindah diperbatasan belgia,harus membuang sampah RTnya di Negara Belanda ditempat tinggal mereka sebelumnya.

Sistem pembuangan sampah di negara Swedia

(link)

Di Swedia, memilah sampah sudah dilakukan sejak pertama kali sampah dibuang. Slogan 3R (Reuse, Recycle, Reduce) melibatkan proses sortasi atau memilah-milah sampah. Sampah mana yang bisa digunakan kembali (Reuse) dan mana yang bisa didaur ulang lagi (Recycle). Untuk daur ulang juga perlu dikelompokkan dan dipisahkan. Sampah plastik dikumpulkan dengan plastik, kaleng dengan kaleng, kaca/glass dengan gelas, dan kertas dengan kertas. Sampah-sampah organik juga dikelompokkan dengan sampah organik agar bisa diolah menjadi biogas atau kompos. Kalau semua jenis sampah tercampur aduk seperti di negara kita Indonesia Raya. Proses sortasi rasanya zulit dilakukan dan akan banyak makan biaya. Saya lihat sendiri beberapa proyek sortasi sampah yang gagal di beberapa TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah. Setiap kompleks apartemen juga memiliki tempat pembuangan sampah. Namanya Miljöhus, kalau diterjemahkan kurang lebih artinya Rumah Ramah Lingkungan. Jadi bukan ditulis TEMPAT SAMPAH. Di dalamnya ada banyak tempat penampungan untuk berbagai macam jenis sampah. Misalnya: tempat untuk sampah organik/compostable, sampah kertas koran dan majalah, sampah kemasan box kertas, sampah hard plastik, sampah kaleng, sampah botol bening, sampah botol bewarna, sampah elektronik, sampah kain dan baju, sampah kaca lampu neon atau bohlam. Ada juga tempat sampah untuk sampah yang campur-campur & tidak sempat disortasi. Biasanya ada juga sampah untuk barang-barang yang masih bisa dipakai lagi, seperti tempat tidur, soffa, kursi, meja, lampu duduk, karpet,  pakaian dan lain-lain. Di beberapa apartemen biasanya ada tempat khusus atau lubang khusus untuk membuang sampah organik. Kantong sampahnya dari kertas yang disediakan gratis. Di lubang sampah ini hanya bahan organik yang boleh dimasukkan.

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on March 25, 2011, in ada disekitarku. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Saya suka sekali dengan artikel ini. Sesekali boleh saya copas edit untuk kembali saya posting di blog!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: