exsotisme Brugge the venice of Belgium…


Pada kesempatan kali itu, saya berhasil mencapai suatu kota indah yang sebelumnya hanya dapat saya lihat di internet ataupun buku2 sejarah. kota itu adalah Brugge,sebuah kota tua indah di Belgia yang kata orang mirip dengan kota venice di Italia. Trip kali ini berawal dari ide gila saya dengan salah satu teman saya untuk melepas penat karena kegiatan kami masing2 dengan berpetualang dimusim hujan yang dingin itu kekota yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya. atas saran dari teman yang lain,kamipun bertolak Ke kota Brugge.

Brugge (bahasa Inggris: Bruges) adalah sebuah kota di Belgia. Kota ini memiliki penduduk sebanyak 117.327 orang (2005) dan luas daerah 138.40 km², dan setiap sudut dan bangunan kota berada di wilayah aliran sungai itu menjadikan Brugge masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Trip kami kali ini dimulai dari kota kecil yang terletak 15 menit dengan Train dari kota mode Belgia,Antwerpen. kami memulai perjalanan dari Kota Lier, yang mana merupakan tempat tinggal salah satu teman kami yang menikah dengan warga negara Belgia. persiapan memasak perbekalan telah kami lakukan sejak pukul 4 pagi karena kami berupaya untuk menumpang kereta terpagi yaitu pukul 6 pagi. tripun dimulai,dengan tiket go pass yang kami miliki, kami berangkat dari stasiun Lier dan transit di Stasiun Antwerpent Berchem untuk Berpindah Trein menuju Brugge. perjalanan dengan Trein dari Lier hanya membutuhkan kurang lebih 19 menit sampai ke Antwerpent Bercehm, tetapi membutuhkan hampir 2 jam perjalanan menuju kota Brugge. perjalanan 4 jam dikereta tidak membuat kami merasa bosan, view of Belgium membuat kami sangat menikmati suasana yang ketika itu musim dingin hampir berubah menjadi musim semi. suasana perbukitan dan hutan yang dipenuhi pohon pinus membuat suasana perjalanan semakin menyenangkan, apalagi trip saya kali ini ditemani oleh teman yang sedikit agak sangat bawel dan doyan bercerita..:) That is Lidya… thanks for the trip we had together. Love it so much….^^ jadi, bosanpun tidak terasa. Trein yang kami tumpangi berhenti beberapa kali di statiun-stasiun beberapa kota besar termasuk Gent st Pieter yang juga kota tua dan kota pelajar selain itu juga melewati kota kecil yang terbentang persawahan yang indah yaitu kota Namur.

akhirnya kamipun sampai di kota Brugge yang indah. untuk menuju pusat kota atau centrum yang terletak lumayan jauh dari stasiun kereta, membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dengan berjalan santai sambil menikmati pemandangan. sebenarnya bisa dilakukan dengan menaiki bus,tetapi kami memilih untuk berjalan kaki sekalian menikmati pemandangan walau cuaca kali itu berkabut tipis dan hujan rintik2. tapi,beruntunglah kami memilih berjalan kaki karena dengan begitu banyak sudut kota yang bisa kami abadikan. kami sangat menikmati suasana kota dengan bangunan tua khas eropa dengan dinding batu bata dan jalanan berpaving batu khas jaman peperangan eropa.

Suasana sudut gang di kota Brugge

Suasana gang-gang di kota Brugge menuju Centrum

satu hal yang membuat kami sedikit terpanan di kota tua itu adalah, dokar. yaaa,ternyata bukan hanya di Indonesia saja memiliki kendaraan semacam ini yang berkeliaran dikota tetapi brugge kota exsotis di Belgia juga menawarkan paket wisata berkeliling kota kota dengan dokar. saya baru kali ini melihat adanya dokar di Eropa karena sebelumnya paket wisata dibeberapa kota yang saya kunjungi dieropa hanya menawarkan paket wisata bersepeda,berkereta mini,berperahu untuk melihat keindahan kota. Namun kali ini lain dari biasanya,saya menemukan Dokar. sayangnya, saya tidak sempat mengabadikan dokar di kota ini dan saya pun tidak mendapatkan informasi mengenai sejarah keberadaan dokar ditempat tersebut. polisi setempat maupun turis informasi setempat hanya mengatakan bahwa dokar tersebut sudah ada sejak dulu sebagai salah satu simbol dari pariwisata kota tua yang mana juga pada masa lalu,kuda dan dokar merupakan transportasi utaman dikawasan tersebut selain perahu.

Keindahan lain yang disuguhkan dari kota ini adalah, indahnya kanal-kanal penghubung yang juga merupakan icon pariwisata Brugge. Kota ini dijuluki Venice of Belgium dimana penataan ruang kota yang dilalui oleh kanal2 sebagai penghubung membuat kota ini nampak seperti kota Venice italia yang juga menyuguhkan keindahan kanal dan wisata berperahu. yang membuat saya sebagai pejalan kaki disana nyaman adalah, tidak adanya kendaraan melewati centru. hanya pejalan kaki dan sepeda, itupun pesepeda hanya boleh menuntun sepedanya bukan menaikinya pada saat memasuki jalan2 tertentu dikawasan centrum. berbekal peta yang kami dapatkan di turis information kamipun berjalan menyusuri jalanan dibawah rintik2 hujan sambil sesekali mengabadikan hal2 unik yang kami lihat. kami mengunjungi toko coklat besar yang sekaligus merupakan museum coklat yang bersebelahan dengan museum bir/alkohol. Keunikan dan daya tarik negara2 eropa adalah, mengabadikan hal2 kecil yang unik kedalam sebuah musium. salah satunya ya museum yang kami kunjungi ini.. coklat dan bir. Coklat belgia merupakan coklat terenak diseluruh dunia,untuk itu saya tidak melepaskan kesempatan untuk mencicipi coklat2 disana (mencicipi tidak samadengan membeli looo..:p ) tapi saya tidak mencicipin bir ataupun wne sama sekali disana. bukan karena apa sih, tapi memang karena tubuh saya tidak bisa mudah menerima alkohol walau dengan jumlah prosentase sedikit mengingat trip kami masih panjang kali itu.

saya jadi teringat beberapa pekan sebelum saya trip ke Brugge,saya menerima undangan teman dari Jerman untuk mencicipi bir Khas Belgia yang manis dengan rasa buah-buahan di salah satu cafe di kota Hasselt. Karena saya menyadari bahwa saya bukan peminum bir sejati, sayapun memilih bir beralkohol paling rendah yaitu 4.1% dan berasa paling manis yaitu rasa ceri. satu botol birpun hinggap didepan mata saya dan dengan perasaan antusias saya mencicipinya. rasanya manis,enak dan bahkan seenak sirup cerri. karena rasa yang enak tersebut,sayapun menikmati bir tersebut padahal sebelumnya saya sudah menenggak 1 sloki wine putih yang rasanya pahit berkadar alkohol 8% (seingat saya). pada saat meminum wine, saya tidak merasakan perubahan apa2,berbeda dengan setelah saya minum bir rasa ceri ini. kata teman saya,wajah saya memerah dan saya pun banyak tertawa dan ceria lalu pada saat kami pulang,saya tidak mampu berjalan menuju stasiun karena merasa pusing sehingga berjalan sempoyongan…sejak itu,saya memilih untuk menghindari meminum alkohol pada saat melakukan trip yang agak panjang..:)

yupppzz..perjalanan mengitari kota Bruggge saya lanjutkan. kami singgah ke Gereja tua di sisi pusat perbelanjaan Brugge. Gereja tersebut merupakan gereja sisa jaman dulu yang masih tegak berdiri menjulan walaupun dibangun pada abad 18an yang berbahan batubata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gereja tua di Centrum of Brugge.

setelah itu,kami lanjut menuju museum kota brugge yang bersebelahan dengan bekas benteng tua diBrugge. saya tidak tau,benteng apakah itu tetapi informasi yang saya dapatkan dari orang disekitas sana bahwa benteng tersebut adalah benteng kerajaan sisa jaman perang (tapi perang kapan dan perang melawan apa, saya tidak mendapatkan penjelasan dari orang disekitar benteng yang juga sama seperti saya,berstatus pengunjung). suasan ramai waktu kami sampai disana, ramai tetapi tidak padat dan penuh sesak sehingga kamipun berkesematan untuk mengambil gambar dari sisi benteng dan tengah benteng.

 

 

 

 

 

 

 

Suasana Benteng di kota Brugge.

perjalanan pun dilanjutkan dengan berfoto2 sambil berputar-putar keliling kota. dengan berjalan berkelilingpun kami menemukan mukti-bukti keTuaan banyak bangunan dikota ini. monumen besar ditengah pusat kota berangka tahun 1800 atau bahkan ada yang berangka tahun 1700an. bangunan-bangunan kastil,gereja maupun gedung pemerintahan juga merupakan bangunan tua yang masih sangat terawat. sangat berbeda dengan kondisi kota tua di dinegara kita yang agak kurang terawat.

sekedar cerita,beberapa waktu lalu saya mencoba untuk melakukan perjalanan kecil keliling kota tua bekas peninggalan jaman belanda disalah satu sudut kota diSurabaya. Kondisi yang saya dapatkan disana sangat berbeda dengan kondisi gedung-gedung tua yang saya temui di Eropa. beberapa gedung tua peninggalan belanda yang ada diKota Surabaya sangat tidak terawat dan kebanyakan dimanfaatkan sebagai gudang yang terletak di kawasan pasar. Hanya sedikit yang terawat,tetapi lebih banyak yang tidak terawat. waktu itu saya melewati salah satu jalan yang masih saya rasakan suasanya Belandanya dengan bentuk gedung yang sudut jalan yang mirip dengan centrum dikota belanda. tetapi bedanya, yang satu terawat dan tertata dan yang satu lagi terpuruk dan sangat tidak terawat.sangat ironis!!

trip kami di Brugge berakhir dengan perasaan lelah khususnya dikaki..hehehe.. karena kami walked around the town almost a whole day dan sangat menikmati kunjungan kami kali ini di Brugge nan indah. banyak cerita menarik disini tetapi hanya sedikit yang terekam dan bisa diabadikan. tetapi yang dapat kami ambil dari perjalanan ini adalah, bahwa setiap kawasan punya sejarah dan setiap kawasan memiliki keindahan sendiri2 yang sebagai daya tarik. tidak di Indonesia tidak dieropa,semuanya menyuguhkan keindahan yang berbeda-beda.. Let’s make our next trip Lidya… and after Brugge we went to Luxembourg.. isn’t it??? let’s grab it back, open our picture and write is as a story..:)

here is our picture in Brugge.

 

 

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on April 1, 2011, in belgie, experince. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Kereeeeeeeennnn… saya blogwalking sampe kesini.. waktu saya ke bruges juga cuma semalam dan amazed banget sama kota ini!! Bener2 kayak di negeri dongeeeng :3

Leave a Reply

