sekolah musim panas dan wisata di kota cantik (Utrecht summer school)


setelah saya memutuskan untuk mengikuti sekolah musimpanas di bulan Juli tahun lalu dinegara 4 musim nan cantik itu, sayapun harus mengurungkan niat saya untuk menjelajah beberapa negara dikawasan Eropa pesisir pantai. saya memilih negara belanda,lebih tepatnya kota Utrecht untuk menjadi kota tempat saya mengikuti sekolah musim panas kali ini. setelah surfing di beberapa web info summer school akhirnya saya memilih universitas utrecht sebagai tujuan saya yangmana sebelumnya saya sempat tertarik dengan tawaran summer school di Hungaria ataupun berusaha mencari sekolah singkat lain di kota Delft yang lebih berbasis ilmupengetahuan keteknikan yang saya geluti. sayapun memilih bidang Geoscience dengan judul yang agak nyeleneh yaitu “water on Planet Mars” atau dalam bahasa Indonesia adalah “Air di Planet Mars”. jangankan mempelajari air diplanet Mars, belajar tentang ilmu keplanetanpun saya tidak pernah..hehehe.. tapi saya cukup antusias untuk mengikuti program pilihan saya kali ini. Dengan dibantu teman saya senegara yang bermukim sementara di Zwolle,Belanda saya pun berangkat ke Utrecht melalui stasiun kereta Maastricht di Belanda selatan yang berbatasan langsung dengan Belgia.

Saya bertemu dengan banyak mahasiswa dari berbagai negara dan berbagai Benua yang mengikuti program yang sama dan periode sekolah yang sama dengan saya. selain itu saya juga bertemu dengan rombongan pelajar short course yang dikirim beberapa bulan diEropa oleh pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan universitas Leiden Belanda. selain itu,saya juga bertemu dengan pelajar doctoral degree Utrech univ. yang juga merupakan seorang dosen disalah satu universitas negeri di Indonesia. acara pertama yang saya lakukan adalah daftar ulang sekaligus penyerahan kunci asrama yang dipusatkan di jankerhoof beberapa menit dari utrecht central dan menikmati indahnya kota Utrecht.

Lokasi saya mendaftar ulang summer school Utrecht

Indahnya utrecht dikala musim panas membuat saya mencintai kota itu pada pandangan pertama. kanal-kanal yang mengitari kota serta cafe2 yang bertebaran di setiap sudut kota semakin menambah kekhasan suasana musim panas dikota cantik itu. setelah menerima kunci asrama saya menyempatkan diri berjalan menyusuri kanal-kanal dimana terdapat shoping centre yang berjajar disepanjang kanal yang menjadi pusat perbelanjaan dikota tersebut. yang membuat lebih unik lagi, terdapat sisi bawah kanal yang digunakan sebagai cafe2 dan toko baju bekas serta tempat merapatnya perahu2 kecil untuk berwisata perahu keliling kota Utrecht. Permukaan air dikanal ini sekitar 6 meter dibawah sisi kanal bagian atas,sehingga terdapat sisi kanal bagian bawah yang juga digunakan sebagai cafe yang saya ceritakan diatas. saya sempat mencoba menikmati makan malam disalah sate cafe dengan menu Indonesia dan Thailand di sisi kanal bagian bawah.

salah satu sudut canal yang melintasi kota Utrecht

Teman saya di sisi kanal bagian atas dan tampak dari jauh sisi kanal bagian bawah yang juga terdapat cafe.

salah satu cafe asia di kanal sisi bawah Utrecht.

setelah sedikit puas berjalan menyusuri kota Utrecht saya pun bergegas untuk menuju asrama saya dan terletak di kawasan kampus Uithooft utrecht. dengan menumpang bus nomer 11 saya berangkat menuju asrama melewati beberapa tempat dan halte yang namanya sudah tidak familiar di telinga saya . beberapa nama adalah sama dengan nama-nama Jalan dikawasan Batavia (Jakarta) pada masa penjajahan sebelum nama-nama tersebut kemudian dirubah oleh Soekarno untuk menghapus kenangan buruk Belanda di Tanah air. Wilheminapark merupakan salah satu nama taman yang terdapat di Utrecht city yang sama dengan nama park di Batavia tempo doeloe. selain itu,saya juga melewati Museum Maluku yang merupakan salah satu Museum yang berisi barang2 Indonesia yang dibawa penjajah keBelanda pada masa silam.

yaa.. sayapun sampai diAsrama saya. asrama yang lucu dan lebih mirip dengan taman kanak-kanan..hehhehe.. warnanya yang semarak warnawarni dan penataan yang lucu membuat saya senang meihatnya..:) Asrama saya terdiri dari 3 tingkat dan kira-kira terdapat 30 kamar pada masing-masing tingkatnya. selain Asrama yang saya tempati,juga terdapat 2 asrama lain yang berdesain warna sama dengan asrama saya. Kamar saya merupakan kamar yang cukup dihuni 1 orang lengkap dengan kamar mandi dalam, dapur yang dilengkapi dengan kompor,peralatan memasak,kolkas dan semua perabotan dapur yang lengkap. selain itu,juga dilengkapi TV dan koneksi internet yang dapat diakses 24 jam, dan yang pasti koneksinya tidak selemot yang saya rasakan disinegara saya.🙂

inilah asrama saya selama sekolah musim panas..:)

Salah satu sudut kamar saya..

dapur di kamar.

yapzz.. kegiatan belajar mengajarpun dimulai. mungkin karena terlalu “aneh” nya materi pelajaran saya, siswa yang mengikuti topik yang sama dengan yang saya ikuti hanya berjumlah 3 orang. kelas ter Private yang pernah saya ikuti (bukan hanya saya,tapi teman sekelas saya juga merasa demikian). teman sekelas saya adalah orang-orang hebat yang berasal dari negara yang berbeda. seorang merupakan mahasiswa 26 tahun program ilmu planet khususnya planet Mars yang sedang menempuh doctoral di universitasnya di Prancis. seorang yang lain lagi merupakan asisten dosen ilmu fisika spesifikasi ilmu keplanetan yang sedang menyelesaikan skripsinya dan bersiap mengambil program masternya atas rekomendasi dari dosennya tersebut, pria ini berasal dari Groningen Belanda namun hidup dan besar di Knoxvelle,tennesse USA. sedangkan saya hanya merupakan mahasiswa program Master spesifikasi geoteknik di salah satu institusi teknik negeri di negara saya yang notabene sama sekali tidak berkaitan dengan ilmu keplanetan yang sedang saya ambil ini. Untungnya beberapa pelajaran masih banyak kaitannya dengan ilmu yang saya tau lhususnya hidrologi karena memang pada saat itu kami mempelajari aliran air yang memungkinkan terjadi beberapa juta tahun silam di Planet Mars.

Kelas diisi dengan presentasi-presentasi kecil setiap kemajuan paper yang kami buat, tatap muka dengan 2 dosen yang tentunya sudah ahli dengan planet Mars dimana tatap muka dengan dosen selalu diakhiri dengan penyimpulan materi yang harus kami buat dalam waktu 1 menit. selain materi kelas, juga terdapat study excursie (SE) kebeberapa kawasan menarik di jantung kota Utrecht serta beberapa lokasi di Belanda utara. SE dilakukan bersama-sama dengan siswa sekolah dari program lain. dari kegiatan tersebut saya bertemu dan lebih akrab dengan banyak mahasiswa internasional negara lain yang sebelumnya sudah sempat saya bertemu dan sedikit berkenalan di acara pembukaan Sekolah musim panas. teman-teman dari Brazil,korea,Taiwan,India,Newyork,Yunani,Afrika selatan,Perancis,Jerman,Swiss dan beberapa teman lainnya juga mengikuti acara SE kali ini.

SE dikawasan Belanda utara adalah mengunjungi sun City dimana proyek ini merupakan proyek pengembangan penggunakan energi matahari sebagai sumber energi di rumah penduduk pertama didunia. masing-masing rumah dikawasan tersebut akan dipasang solar system pada ataprumahnya untuk menyerap dan menyimpan energi matahari lalu kemudian diproses untuk menjadi sumber energi listrik dirumah tersebut. namun, energi matahari tersebut masih hanya memenuhi kurang dari 50% energi yang dibutuhkan oleh rumahtangga sehingga pasokan listrik negara masih dibutuhkan. namun paling tidak,proyek yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya untuk menghemat energi listrik.

Proyek Suncity yang sedang berjalan

salah satu rumah dengan solar system diatapnya.

selain suncity kami juga diajak mengunjungi Dam yang merupakan pelindung negara belanda dari banjir mengingat belanda merupakan negara dibawah permukaan laut. dari Dam tersebut tampak jelas perbedaan antara muka air laut yang beberapa meter lebih tinggi dari pada muka air laut yang berada diarea negara belanda. saya sempat berfoto tepat ditengat dam tersebut sehingga terlihat jelas perbedaan muka air laut.

Perbedaan muka air laut antara laut biasa(kiri) dengan laut di Belanda (kanan)

saya dengan beberapa teman saya di jembatan penghubung Dam.

setelah mengunjungi Dam,kami bertolak kembali ke kota Utrecht dengan melewati bangunan-bangunan tua dan persawahan yang masih terdapat mollen atau kincil angin tua yang sudah tidak berfungsi lagi. kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah tua bekas jaman peperangan yang masih dalam kondisi asli dan masih ditinggali oleh sepasang oma-opa berusia sekitar 80an yang mengkoleksi barang-barang tua dirumahnya.

saya dengan oma di rumah tua peninggalan jaman perang warisan keluarganya.

lalu….acara dilanjutkan dengan barbeque party di kebun belakang asrama kami.

ending dari sekolah musim panas saya ini adalah mengangkat suatu tema untuk dijadikan 2 halaman paper sebagai penentu kelulusan dan point yang akan saya terima. mungkin lebih mudah bagi 2 teman saya untuk mengangkat suatu tema tentang mars, karena mereka jauh lebih familiar dari pada saya. mereka berdua melakukan study pengujian dilaboratorium untuk mengetahui asal mula terjadinya kawah-kawah di planet mars. dari paper yang sudah ada, dinyatakan bahwa terbentuknya kawah diplanet mars bisa disebabkan oleh aliran air yang mungkin ada pada jutaan tahun lampau yang menggenang di kawah tersebut. selain itu ada yang mengatakan bahwa kawah tersebut terbentuk dari tumbukan antar benda diantarikasa sehinggga terbentuklah suatu lubang bekas tumbukan. nah..kali itu 2 teman saya mencoba menganalisa tebentuknya kawah akibat mencairnya es yang terpendam dibawah tanah. mereka berdua berkutat dengan pengujian mereka di lab,sedangkan saya mengambil topik tentang asal mula retakan dan kelongsoran yang terjadi pada beberapa area di Valley Marineris Mars yang diyakini teraliri air pada masa lampau. saya tidak melakukan pengujian di lab,hanya pemodelan-pemodelan yang saya lakukan dengan mendiskusikan dengan seorang profesor dan mahasiswa PhD bidang geoteknik di universitas Utrecht. dan akhirnya kami ber3  selesai menempuh sekolah singkat dimusim panas itu dengan menghasilkan paper gabungan dengan lokasi study yang sama yaitu Valleys Marineris Mars, dan hasil pengujian dan pemodelan kami akan dijadikan dasar untuk publikasi international paper tentang mars oleh dosen kami.

selesai sudah sekolah musim panas saya dan setelah puas berkeliling belanda selama 1 minggu setelah program usai sayapun kembali ke Belgia tempat tinggal sementara saya.

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on April 3, 2011, in experince, netherland. Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. yosuakristianto

    gw lagi blogwalking nyari sesuatu buat tema “when you think of the netherlands, I see …” eh ketemu blog u. Tantri kan..

    • ya ampuuunnnn..Yosuaaaa…dulu setemu by FB eh skrng by blog..lagi2 ttng belanda juga ketemunya..heheh.. yupzz..it’ss Tantriii.. ^^

  2. wew… jadi pengen kuliah di belanda nih, tadi search info@ ttg belanda, eh nyarsanya kesini… kuliah disana mahal nggak???

    • untuk kuliah atau short course baidewei? kalau pakai biaya sendiri siiihh, maaaahaaalll buanged menurut saya…:D banyak kok beasiswa kuliah ke belanda, googling aja atau buka situsnya stuned. kalau summer course seperti yg aku ikut ini waktu itu kena 890euro sdh termasuk asrama. itu untuk program summer 2-3 minggu tergatung bidangnya. bisa di cek di situsnya utrecht summer school u/ info lbh lengkap…:)

  3. wahhhh Tantri seru banget kamu sekolah di Belanda, pengeeennn😀

  4. kak emang ada ya beasiswa khusus anak indonesia ke belanda ? gmana kak kuliah disana seruu ?? bagi pengalamanmu ya kaka ^^

    • saya blm pernah tau ada BS khusus untuk itu. yang saya tau adalah semacam short course khusus untuk Indonesia yg didapatkan dng mengikuti kompetisi menulis blog.. l:) coba saja buka di STUNED atau NUFFIC khusus untuk Beasiswa di NL…

  5. hi kak, caranya ikut summer course gimana ya? biaya yang dibutuhkan berapa? syarat apa aja yang harus dipenuhi?

  6. syarat toefl harus berapa minimal kak?

    • Sy sih waktu itu tdk pakai syarat toefl krn kebetulan mmng sedang ikut culture exchange d Belgia. Yg sy ikuti itu tdk ada ketentuan toefl, yg penting able to speak english both active and pasif.

Leave a Reply

