Toilet umum di utrecht


yahhh… toilet umum merupakan hal yang penting yang harus ada di tempat umum tentunya… makanya, namanya adalah toilet umum bukan toilet pribadi.hehehe… Salah satu toilet umum yang unik dan berlokasi ditempat umum yang pernah saya jumpai adalah sekotak toilet yang berlokasi di tengah- tengah centrum di utrecht city the Netherlands. Mungkin untuk sebagian besar orang Eropa, ini tidak unik. tapi bagi saya ini unik.

toilet ini terletak di Bawah pohon besar, di tengah kota utrecht tepatnya di jalan Jankerhoof dekat dengan musium dan gedung yang merupakan tempat pendaftaran sekolah musim panas di utrecht university. Keunikan dari toilet ini menurut saya adalah, bentuknya.. kotak..modern..lucu..bersih dan terletak di pusat kota… kotak, karena memang bentuknya yang seperti kotak atau lebih tepatnya seperti pos satpam. Modern karena serba otomatis. Lucu karena letaknya ditengah kota dan hanya terdiri dari 1 kamar mandi ini saja yang menurut saya aneh dan lucu..:). Bersih, karena memang orang Eropa sangat mengutamakan kebersihan toiletnya.

Ini dia toilet kotak di tengah kota..:)

toilet ini tidak bisa dibuka dengan tangan… tapi dengan koin.. dengan memasukkan koin sebesar 0.5 e atau 50 cent maka pintu toilet ini akan terbuka dengan lebar yang muat untuk memasukkan kursi roda sekalipun untuk orang cacat. Lalu terdapat tombol penutup ditoilet bagian dalamnya. Toilet ini cukup besar yang didalamnya terdiri dari WC duduk,wastafel mini untuk cuci tangan dan gulungan tissue yang menggantung disisi WC duduk. Terdapat patokan waktu maksimal hingga pintu tersebut terbuka sesuai dengan nominal uang koin yang kita masukkan di luar. 50 cent merupakan waktu tercepat sedangkan 2 e merupakan waktu terlama tergantung kebutuhan. Jika kita sudah selesai “beraktivitas” didalam toilet sebelum waktu maximal yang ditentukan maka, kita bisa membuka pintu dengan menekat tombol pembuka didalamnya.

masukkan koin disini..:)

Bagian dalam toiletnya…:)

oh iya..sebelum memasuki atau mencoba iseng2 melihat toilet ini, sebaiknya melihat peringatan2 yang ada di luar toilet. Peringatan ditulis dalam bahasa Inggris,Belanda dan Jerman… so, beware with it before you step into it..heheh..

in English….^^ klo ini saya mah Ngartiii…

informatie met Netherlands taal.. ^^ klo ini mah saya ngarti dikitzz dikitzz wahe..:p

Beuhhh… Ini Bahasa Jerman… sama sekali tidak pahaaam..:(

sekian..^^

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on April 6, 2011, in ada disekitarku, experince, netherland. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: