Transportasi umum di Belanda


Moda transportasi massal merupakan satu-satunya alat transportasi pilihan yang sering dan layak digunakan untuk menjelajah Negara Belanda ketika saya diBelanda dulu. Selain sepeda dan berjalan kaki, transportasi massal merupakan pilihan utama untuk berkeliling Belanda. Pertama kali, saya menginjakan kaki di Belanda transportasi bus lah yang berjasa mengantar saya dari Belgia kediaman sementara saya menuju Belanda. Kebetulan pada saat itu, saya bertempat tinggal di kota kecil di Belgia yang berbatasa nlangsung dengan negara Belanda bagian selatan dan negara Jerman. Saya akan menulis sedikit pengalaman saya tentang keunikan dan kemoderanan transportasi di Belanda…

here the story begin…..:)

Belanda merupakan negara indah, yang sedikit banyak sangat berkaitan dengan sejarah negara saya. untuk itulah saya menyukai negara kincir angin ini sekaligus menikmati pengalaman saya menjelajah negara indah ini. Hal yang membuat saya merasa nyaman untuk berkeliling belanda adalah sistem transportasinya yang modern. Berbeda dengan negara saya, warga negara ini menyukai dan lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum massal dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Bukan hanya karena lebih ekonomis jika dibandingkan dengan membeli bensin dengan kendaraan pribadi, namun juga dikarenakan oleh kenyamaanan transportasi massal dinegara ini. Berikut saya akan menceritakan jenis-jenis transportasi massal di Belanda yang pernah saya cicipi dulu:

1. Bus.

    Bus menurut saya, merupakan kendaraan ke2 bagi mahasiswa untuk berangkat ke kampusnya masing-masing selain mengendarai sepeda ataupun berjalan kaki tentunya. mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan bus untuk mengantar mereka dari dormitory menuju kampus masing-masing. Pengalaman saya menjadi pengguna setia bus di belanda berawal dari ketika saya mengikuti sekolah singkat disalah satu universitas di negara tersebut yaitu di Utrecht. Saya harus bolak balik dari stasiun central yang sekaligus merupakan centrum dan pusat perbelanjaan menuju kampus saya dan asrama saya ketika itu.

    Salah satu bus di negara Belanda.

    Semua stasiun di Belanda pasti akan terkoneksi dengan halte bus,sehingga pengguna jasa kereta api tidak perlu repot-repot untuk menyewa taxi dengan harga mahal ataupun menunggu jemputan mobil pribadi seperti yang sering terjadi di negara saya. Bus, langsung terkoneksi dari setiap pintu keluar stasiun menuju tempat tujuan yang diinginkan. Bus dibelanda memiliki nomer masing-masing dengan tujuan yang berbeda setiap nomernya. sehingga pengguna bus diharapkan sudah mengetahui nomer bus yang akan mengantar mereka ke tempat tujuan dan tempat pemberhentian bus di halte masing-masing.

    Salah satu halte bus di kota Utrecht

    Setiap bus di Belanda harus menaikkan dan menurunkan penumpang di halte, bukan disembarang tempat. Setiap halte memiliki nama masing-masing dan setiap halte juga memiliki jadwal bus dan bus apa saja yang akan melewati halte tersebut. Masing-masing bus memiliki mesin tiket yang digunakan untuk pembayaran, jadi penumpang hanya menempelkan OV-chip card nya ke mesin tersebut pada saat masuk ke pintu masuk bus dan menempelkan lagi kemesin tersebut ketika turun dari bus tersebut. Dengan otomatis mesin tersebut akan mengurangi saldo yang ada di kartu tersebut.

    Mesin otomatis untuk pengurangan saldo OV-chip card di bus maupun stasiun kereta api Belanda.

    OV-Chip card merupakan kartu pembayaran bus. Belanda menggunakan sistem otomatis dalam hal pembelian tiket transportasi. OV-chip card merupakan salah satu kartu otomatis dari sistem transportasi belanda yang merupakan kartu dengan saldo tertentu yang digunakan untuk pembayaran tiket bus maupun kereta api. OV-chip card terdapat 2 macam, yaitu untuk pendatang dan mahasiswa sementara yang tidak tinggal dalam jangka tahunan seperti saya dan kartu jangka panjang hingga tahunan. kartu tersebut dapat dibeli ditempat pembelian tiket dengan harga kartu kosong sekitar 7 e (untuk kartu sementara sebagai pendatang) dan dapat diisi saldo sesuai dengan keinginan kita. pembelian saldo dapat dilakukan dimesin pembelian otomatis yang terdapat di stasiun kereta api maupun di tempat pembelian tiket kereta api di stasiun kota.

    OV-chip card untuk pendatang yang tidak menetap dalam hitungan tahun di Belanda.

    OV-Chip card untuk warga atau pendatang yang tinggal lama di Belanda.

    Perbedaan dari OV-chip card biru dan kuning adalah kemudahan dalam mendapatkan tiket tersebut dan fasilitas yang didapatkan. OV biru lebih mudah didapatkan, dalam hitungan menit saya bisa memperoleh kartu ini di tempat pembelian tiket. Berbeda dengan OV kuning, perlu beberapa waktu dan beberapa syarat seperti menunjukkan kartu tinggal sementara atau menetap dibelanda dan harus bertempat tinggal di Belanda. Dengan kartu OV kuning ini, selain dapat lebih murah untuk memperoleh tiket bus, juga memperoleh diskon 40% untuk membeli tiket kereta api. Tetapi untuk memperoleh kartu ini, harus membayar sekitar 50 e maka kartu tersebut dapat digunakan selama setahun dengan memperoleh diskon 40% untuk pembelian tiket kereta api. Seperti halnya OV biru, OV kuning juga menggunakan sistem saldo pembelian. Saldo dapat dibeli di mesin pembelian tiket maupun di tempat pembelian tiket di stasiun.

    Mesin pembelian saldo OV chip card sekaligus mesin pembelian tiket kereta api secara otomatis.

    Selain menggunakan OV-chip card, saya juga pernah menggunakan tiket lain yang disediakan oleh sopir bus tetapi harganya tentu akan lebih mahal. selain tiket yang dapat dibeli di sopir bus, terdapat tiket lain yang dapat dibeli di supermarket. Sebelum adanya tiket yang bernama OV-chip card,strippen card ini merupakan tiket populer yang lebih murah dari pada tiket yang dijual oleh sopir bus. Tetapi dengan adanya OV-chip card,pengguna bus lebih memilih menggunakan OV yang relatif jauh lebih murah lagi. Tetapi, OV chip card tidak berlaku di beberapa kota diBelanda khususnya di daerah perbatasan dengan negara lain. Saya tidak tahu apa alasannya, tetapi yang pasti OV tidak bisa digunakan di Maastricht, salah satu kota di Belanda yang berbatasan langsung dengan Belgia dan Jerman.

    Bus dikawasan belanda akan datang dalam hitungan menit tergantung kepadatan kota. Jika dikawasan mahasiswa, bus dengan tujuan maupun nomer yang sama akan melewati halte tertentu setiap 7-15 menitan. Bahkan ada bus yang datang setiap 3 menitan ke halte tertentu. namun, di kota kecil yang tidak banyak penduduk dan pengguna busnya, bus akan melewati halte setempat setiap 1/2 hingga 1 jam sekali.

    2. Kereta Api

    Negara Belanda memiliki sistem transportasi kereta api yang sangat modern, dimana trsanportasi ini dinaungi oleh NS yaitu perusahanaan jasa perkeretaapian negara Belanda. Kereta api merupakan pilihan utama bagi penduduk Belanda yang bekerja di luar kota. Mereka lebih memilih untuk memarkir kendaraan pribadinya di stasiun terdekat,lalu kemudian menggunakan jasa kereta api untuk menuju ke kota lain. Kereta api di Belanda berjalan hampir 24 jam khususnya di kala weekend. Pengguna jasa kereta api bisa mulai menggunakan jasa ini sekitar pukul 6 pagi dengan jadwal yang akan sedikit berbeda setiap harinya. Khusus untuk jadwal kereta api, pengguna dapat mengakses langsung jadwal kereta api sekaligus koneksi kereta apinya melalui situs resmi NS yaitu http://www.ns.nl. Dengan menggunakan situs tersebut, saya dapat mencatat dan membuat trip dengan nyaman dan tentunya tidak terdapat keterlambatan sedikitpun berdasarkan jadwal yang ada di website tersebut.

    Sebagian besar kereta api di Belanda, akan melewati utrecht central statiun (UC) sebagai stasiun penghubung antara kota-kota besar di Belanda karena kota ini memiliki posisi ditengah-tengah negara Belanda. Selain Stasiun-stasin besar seperti UC, Belanda juga memiliki stasiun-stasiun kecil yang terdapat dikota kecil. Terdapat kereta api berjenis berbeda yang melewati stasiun kecil. Intercity merupakan jenis kereta api cepat yang hanya melewati kota-kota besar dan berhenti di stasiun-stasiun besar saja, sedangkan kereta api lainnya (saya lupa namanya, yang pasti warnanya putih dan biru biasanya) akan lebih lambat karena akan berhenti distasiun-stasiun kecil.

    salah satu sudut di stasiun Utrecht central.

    Salah satu Stasiun di kota kecil pinggiran Utrecht.

    Pembelian tiket kereta api seperti halnya pembelian saldo OV, bisa dilakukan di tempat pembelian tiket maupun di mesin pembelian tiket yang sama dengan mesin pembelian saldo OV. Tiket Kereta api dibelanda umumnya Berwarna kuning dan berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan tiket kereta api di Belgia. Selain pembelian tiket di stasiun, terkadang terdapat promo tiket kereta yang bisa didapatkan dengan harga jauh lebih murah sekitar 12.5 e yang dapat digunakan dalam sehari ke kota manapun dan berapa kalipun di Belanda. Biasanya promo ini berlansung dalam kurun waktu dan pada moment2 tertentu saja yang bekerja sama dengan supermarket tertentu di Belanda. Biasanya, jika terdapat promo tiket murah ini para mahasiswa dan penduduk setempat berbondng2 untuk membelinya. Karena harganya sangat jauh lebih murah, bayangkan dengan 12.5 e kita dapat berkeliling Belanda dari ujung ke ujung pulang-pergi yang mana dengan harga Normal bisa mencapai 50 e dari Belanda utara ke Belanda selatan. Tapi, penggunaan tiket ini biasanya baru boleh dimulai dari jam 9 pagi dimana tiket tersebut sudah harus di stempel terlebih dahulu dimesin stempel di stasiun. Jika ketahuan melanggar syarat-syarat penggunaan Dag-card ini maka akan dikenai denda sebesar 35 e (kalau tidak salah).

    mesin pembelian Tiket kerata api

    Tiket kereta api di Belanda

    Jadwal pemberangkatan kereta api dan tujuannya dapat dilihat pada papan atau board pengumuman di masing-masing stasiun. Atau jika board dirasa terlalu jauh atau kita tidak tau letak papan tersebut di suatu stasiun, kita dapat menanyakan langsung ke petugas yang biasanya stand by di stasiun tersebut. Pada board tersebut tertera tujuan kereta api, jenis kereta api (apakah itu kereta api antar kota atau kereta api yang melewati dan berhenti di kota kecil) dan gate atau pintu pemberangkatan kereta api.

    Papan pengumuman keberangkatan kereta api di Utrecht central station.

    Interior kereta api Belanda

    Selain bus dan Kereta api, terdapat transportasi tram dan metro yang melintas di kota-kota besar di Belanda. Saya tidak terlalu sering menggunakan trem maupun metro di Belanda, tetapi yang saya tahu tidak semua kota di Belanda memiliki metro maupun tram. Den haag,amsterdam dan Roterdam merupakan beberapa kota di Belanda yang jasa tram nya pernah saya cicipi. ^^ dan dari kesemua transportasi umum di Belanda, semuanya memilik daya tarik tersendiri bagi saya.

    Oh iya..selain transportasi masal seperti yang saya ceritakan diatas, masih ada satu jenis transportasi lagi yang menarik untuk dicoba di Belanda sebagai negara Kanal dunia, yaitu perahu. Hampir setiap kota di Belanda memilik transportasi ini untuk daya tarik pariwisata. Range harga yang ditawarkan adalah sangat beragam, ada yang 6 e setiap putarannya dan ada yang mencapai 13 e setiap putaran yang rata-rata berdurasi hampir 1 jam. namun sayangnya saya tidak pernah mencicipi wisata air di negara ini karena cuaca dan angin yang tidak memungkinkan bagi saya untuk mencicipinya. Tapi, saya sudah sangat menikmati dan mengambil banyak pengalaman berharga dengan melihat kemoderenan sistem transportasi di negara tersebut.

    :):):)

    About tantri

    I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

    Posted on April 6, 2011, in belgie, experince, netherland. Bookmark the permalink. 11 Comments.

    1. mba, mau tanya kalo website nya kereta di belanda apa ya? misalnya mau ke jerman dari belanda kalo mau naek kereta harganya sekitar berapaan? dan satu lagi mba, jika nanti saya ke belanda, tempat2 bagus yang wajib dikunjungi dimana saja, trims infonya..

      • kalau keliling belanda websitenya http://www.ns.nl kalau di Jerman pakai kereta ICE namanya. lebih modern dan lewat juga di NL kok. lewat web keretanya belanda juga ada yang menuju jerman. Nah,tergantung jerman mana dulu. kalau via perbatasan Belanda seperti maastrich ke Aachen(jerman) bisa naik bus lebih murah. Tapi kalau mau ke jerman (berlin-bavaria dll) yang agak jauhan mending naik eurobus lebih murah http://www.eurolines.com/. Volendam,madurodam, kuekenhoof (hanya di musim semi), amsterdam (redligth district, ajax stadion dll),cheese market di alkmar dan gouda. atau mengunjungi museum2 yg ada sangkut pautnya dng Indonesia: museum nusantara di delft, museum maluku di Utrech. banyak yg bagus kok..^^

    2. wah baru kipikiran mau ke jerman naik kereta dari belanda ternyata ada info yg menarik ini thx.

    1. Pingback: #146 Ov-Chipkaart: Sambil Menyelam Minum Air | KOMPETIBLOG 2013

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: