car free day Darmo street in downtown..


Berbeda dengan judul diatas, tulisan kali ini tidak menggunakan bahasa yang sesuai dengan judulnya. Saya sedikit melakukan pelanggaran terhadap hasrat saya untuk menulis dengan bahasa Inggris di blog saya, akhirnya saya berpindah ke bahasa Indonesia lagi. Terlalu lama untuk menuangkan suatu pengalaman kedalam bahasa Inggris.. jadi, back to Indonesia equivalent with back to my own language..^^

Seperti halnya weekend-weekend saya sebelumnya, saya menghabiskan sabtu dan minggu pagi saya untuk bersepeda menjelajah kota. Dan kali ini tujuan jelajah saya adalah kawasan car free day yang dipusatkan di jalan raya Darmo di tengah kota dan hanya berlangsung pada hari minggu saja. Sekitar 60 menit perjalanan darat dengan mengontel sepeda saya lakukan dengan kecepatan yang tidak beraturan dari rumah saya di kawasan ujung Surabaya menuju kawasan tengah Surabaya.

Minggu pagi,Surabaya memang dipenuhi oleh pesepeda-pesepeda yang mulai aktif mengayuh sepeda dari Surabaya ujung hingga ujung satulagi, malah ada yang sampai menuju kawasan Madura ataupun kota terdekat dengan surabaya lainnya. Kali ini, saya memilih untuk bertolak ke taman bungkul yang berjarak 60 menit (dengan kecepatan tidak santai..) dengan sepeda dari kawasan domisili saya. Nah, saya berangkat sekitar pukul 5 pagi dikala pesepeda-pesepeda lain juga sudah memulai aktifitas mengayuhnya. Helm,pakaian bersepeda,tas bersepeda,dan minuman sudah saya siapkan dan sayapun berangkat dengan seseorang (baca: pacar :p). Rute saya adalah melewati per4an galaxi mall menuju kawasan Dharmahusa indah dan bablas melewati RS.dr Soetomo, PDAM besar lalu melewati jembatan viaduk dan Delta plasa. Memang terdapat banyak sekali event-event yang menitik beratkan pada kegiatan family fun dikawasan SUrabaya seperti halnya yang terjadi pada minggu pagi kala itu. Kegiatan yang disponsori perusahaan kacang terkemuka di Indonesia memang sedang giat berpromosi dengan bertajuk menggiring bola yang ketika itu dilakukan di jalan akses Delta plasa. Kemacetanpun tidak dapat dihindari, dan untungnya masing sangat pagi untuk terjadi kemacetan fatal dan untungnya lagi, saya menggunakan sepeda kala itu yang memudahkan saya untuk mengangkat sepeda saya ketrotoar.  Kegiatan angkat mengangat sepeda dan menuntun sepedapun kami lakukan dan dengan begitu kami tidak terjebak oleh kemacetan yang terlalu bertubi-tubi di pagi hari. Saya menyusuri jalan kayun dan blusukan hingga sampai ke jalan akses menuju taman bungkul yaitu jalan raya Darmo. Ketika saya tiba disana, jalanan sudah cukup ramai dengan pesepeda,pejalan kaki,pesenam dan pemain bola. yahhh semua atlit dadakan numplek blek jadi satu dikawasan tersebut ditambah lagi pada hari itu memang sedang diadakan event jalan sehat yang disponsori oleh produk susu,serta beberapa event yang bertajuk sepeda yang digawangi oleh kumpulan organisasi sepeda yang tergabung dalan B2W untuk memperingati hari Kartini.

Karena tidak adanya kendaraan bermotor yang melewati jalan tersebut,otomatis kawasan tersebut menjadi lengang dari asap kendaraan dan hiruk pikuk polusi udara. Walau demikin, mungkin karena banyaknya event dikawasan tersebut, kondisi disana tetap sangat ramai. Selain pesepeda,pejalan kaki dan pesenam, pedangan asongan pun juga tumplek disana untuk meramaikan suasana. Dari penjual makanan dan minuman ringan hingga berat sampai pedagang baju dan aksesoris bersepeda juga beramai-ramai memadati kawasan tersebut. Kondisi disana cukup stabil untuk bernongkrong-nongkrong ria atau berbengong ria,karena no polusi udara. Oh iya.. disana juga terdapat drum band keliling dengan peralatan musik seadanya yang berkeliling bermusik mengitari sepanjang jalan tersebut (dan ternyata untuk ngamen.. at least mereka cukup menghibur dan tertib). Yang saya lihat agak lucu disana adalah terda[at sekumpulan kelompok yang melakukan semacam meditasi. bukan meditasinya yang saya anggap lucu tetapi lokasi mereka melakukan meditasi yang tergolong agak aneh. Setahu saya meditasi dilakukan di tempat yang jauh dengan hiruk pikuk demi terciptanya konsentrasi,tetapi disini malah sebaliknya. well, tetapi as long as mereka enjoy dan bisa fun melakukan itu yaaa tidak jadi masalah toh??!! pokonya everybody much be happy khan..:):):)

Darmo waktu sepi2nya

Darmo ketika sudah rame2nya..

sekian saja deh cerita saya.. let’s plan the next trip… Trip kota tuaaaaaa…… sepedakuuu bersiaplaahhh menuju kota tua yaa nak yaaa..:-*

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on April 18, 2011, in ada disekitarku, experince, saya yang berkegiatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

