refreshing……


Ternyata, satu hal yang paling-sangat-dan benarbenar saya butuhkan belakangan ini adalah : refreshing. The real refreshing, exactly. Bukan refreshing yang tidak fresh dan justru membebani pikiran. Saya butuh sesuatu yang hijau, indah dan seru. Saya membutuhkan jalan-jalan yang lepas dari beban pikiran. Agak berat memang untuk meninggalkan hal-hal yang sudah sering dijamah walau hanya dalam waktu 3 hari, tetapi yaaahh i have to do it… refreshing… ^^ walau banyak have to do list yang sudah saya tempelkan dengan tulisan superbesar ditembok kamar saya yang harus saya kerjakan sekembalinya saya refreshing, saya pun berangkat dengan berbekal semangat refreshing yang membara..heheh..tepi INGAT.. have to do list saya masih setia menanti…:(

my have to do list: Mencari slip SPP untuk syarat sidang hasil thesis, menghubungi prof. Indarto untuk persiapan sidang hasil, membuat grafik hasil perbandingan dll untuk sidang hasil dan untuk diasistensikan ke prof.Indra, membuat list key-note speaker untuk seminar international, membuat perbaikan website dalam bahasa Inggris, Email Pak Tanjung dan Pak Dustin untuk perbaruan website,membuat surat pengantar proposal seminar international ke Gubernur,walikota dan dinas PU…

have to do list lain yang agak tidak penting yang harus saya lakukan adalah : membeli novel… hihihi… ^^

Yaaa.. tujuan refreshing saya kali ini adalah kawasan Tawangmangu, spesifikasi tempat adalah candi cetho yang akan saya ulas pada tulisan saya berikutnya. Refreshing saya kali ini bukan semata-mata jalan-jalan melihat pemandangan obyek wisata nan cantik disana, melainkan spiritual refresh atau meditasi..^^. It sound so strange because i never do a special refreshing for doing meditation, but i did it. It was very nice and full of spirit. Saya baru menyadari bahwa sirkum Eropa yang terlalu bebas dan non-Agamis membuat saya sejenak melupakan tuhan serta hal-hal spiritual lainnya. Selama saya di Eropa dulu, tidak ada sekalipun saya mengingat Tuhan. Saya mengingat Tuhan, tetapi hanya sekedar ingat tanpa intens “berkomunikasi’ dengan Nya. Mungkin karena kebanyakan orang Eropa  yang berada disekitar saya kala itu yang menganggap bahwa asuransi adalah Tuhan mereka, tanpa asuransi mereka tidak bisa hidup dengan tenang dengan limpahan kekayaan yang mereka miliki. Didasari oleh kondisi itulah, saya sempat melupakan ritualitas spiritual yang sudah  melekat dalam diri saya dan pada kesempatan kali ini saya ingin mulai mengembalikan diri saya kembali dekat dengan Tuhan. Meditasi merupakan salah satu cara untuk menenagkan pikiran dan berkonsentrasi untuk kembali ke jalan Tuhan.

Meditasi, mungkin hal yang paling strange untuk dilakukan oleh anak muda seusia saya. Menurut pemikiran aneh saya dulu, meditasi adalah hal-hal yang lebih tepat dilakukan oleh orang tua berumur yang hidupnya tinggal menghitung jari satu tangan saja. Tetapi, setelah saya mengenal suatu kumpulan pelaksana meditasi dari India yang banyak juga diikuti oleh warga eropa (salah satu yang saya tahu adalah Mr(…saya lupa nama anehnya..) berkebangsaan Jerman, dan satu lagi yang saya kenal baik adalag dr.Lidya seorang ahli Gizi berkebangsaan Rusia tetapi menetap di Maalta) saya jadi merubah pandangan saya tentang meditasi. Nah, kumpulan meditasi inilah yang membawa saya ikut melakukan refreshing di Candi cetho. Refreshing macam inilah yang membuat saya tenang, bukan sekedar menghamburkan uang untuk hal-hal duniawi yang tidak bisa kita bawa jika kita mati kelak, tetapi refreshing yang spiritual dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Walau perjalanan saya ini tidak jauh merubah saya menjadi seorang pemeditasi sejati, tetapi perjalanan saya kali ini sedikit banyak telah merubah saya menjadi lebih tenang dan mengembalikan saya ke jalan spiritual. Saya tidak berubah menjadi seorang extrim yang sok agamais hanya dengan 3 hari mengikuti kegiatan refreshing spiritual kok.. Saya juga tidak berubah menjadi seseorang yang berobsesi membangun NMI alias negara meditasi indonesia atau sebangsanya kok… Saya pun tidak berubah menjadi seseorang yang menganggap orang yang tidak menjalani meditasi adalah kafir kok.. toh saya juga bukan orang suci yang berhak menganggap orang lain kafir atau sebangsanya.. ^^

Nah, hasil dari refreshing saya adalah : saya sudah lebih tenang dan senang walau harus kembali ke my have to do list yang ternyata masih tetap berhasrat menyapa saya sepulangnya saya dari Tawangmangu.

Kembali kerutinitas yang sama seperti minggu lalu tetapi dengan semangat yang lebih baik dari minggu lalu… need more refreshing to push me up and cacth my spirit back🙂 let’s we plan the next refreshing..

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on May 17, 2011, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

