Kota kecil Lier, Belgia


Lier adalah sebuah kota kecil di negara Belgia yang masuk ke provinsi Antwerp. Berada kurang lebih 12 menit dengan menggunakan kereta dari stasiun pusat Antwerpen dan sekitar 30 menit dengan menggunakan bus juga dari stasiun pusat Antwerpen. Pada 1 Januari 2006 Lier memiliki populasi total penduduk sebanyak 33.272 dengan luas total area adalah 49.70 km persegi sehingga kepadatan penduduk dikota ini adalah sebesar 669 per kilometer persegi. Lier terkenal dengan birnya yang bernama Caves dan st. Gummarus serta terkenal dengan partry Lierse Vlaaikes yaitu jajanan khas yang berasa sangat manis. Selain itu, di Lier juga terdapat Van Hool, satu diantara manufacture bus terbesar di Belgia.
Terdapat beberapa tempat menarik untuk dikunjungi di kota kecil ini. Gereja St.Gummarus yang memiliki arsitektural bergaya ghotic yang dibangun di abad ke 14 merupakan salah satu gereja terbesar disana. Selain itu terdapat Zimmer tower, Chapel Saint-Peter’s serta Town hall yang bergaya rococo yang dibangun di abad 18 serta museum Timmermans-Opsomerhuis. Lier juga memiliki warisan budaya yang di nobatkan sebagai World Heritage site oleh UNESCO yang bernama The Beguinage yang dibangun pada abad ke 17. Selain itu Gereja besar lain yaitu St.Margarite juga dibangun di abad ke 17. Catatan sejarah menulis bahwa kota ini dulunya pada kisaran tahun 1496 menjadi kota yang terkenal dengan kisah pernikahan penting pada era sejarah eropa yaitu ketika Philip the handsome putra dari Maximilian of Austria menikah dengan Joanna of Castile. Putra mereka, Charles V yang lahir di Ghent (salah satu kota di Belgia) tahun 1500 merupakan hasil dari pernikahan blesteran Austria dan Spanish. Lalu kemudian, Raja Crhistian II dari Denmark dan istrinya, Isabella (Isabella merupakan saudara perempuan dari Charles V) tinggal di Lier dari tahun 1523 setelah mereka keluar dari kaum bangsawan Denmark dan berupaya untuk mendapatkan dukungan militer dari Charles V. Selain kisah sejarah di abad 16an, diLier juga terdapat suatu monumen yang mencantumkan nama-nama pehlawan yang meninggal pada tahun 1940-1945 ketika rezime Nazi masih berkuasa.

Lier merupakan kota kecil yang nyaman untuk dikunjungi. Gaya asrsitektural bangunan yang khas eropa serta jalanan yang masih berpaving batu a la jaman perang Eropa membuat saya sangat menikmati Lier dikala musim apapun. Lier merupakan tempat singgah saya setiap saya ingin berjalan-jalan seputaran Belgia maupun Luxemburg. Selain karena saya memiliki teman yang bersedia menerima saya untuk transit semalam sebelum bepergian dan rumahnya dekat dengan stasium Lier, saya memilih Lier karena memang kotanya sangat damai. Sepi dan bebas dari hiruk pikuk kota besar. Terhitung sekitar 5x saya mengunjungi dan bermalam di Lier, walau hanya 1 kali saya benar-benar berkeliling Lier tetapi saya sangat menyukai kota ini. Kota yang sepi, cantik,nyaman dan strategis karena berada dekat dengan kota besar dan kota mode Belgia yaitu Antwerpent.

NB: Thanks untuk Tom dan Teh Fani yang sudah mengijinkan saya bermalam beberapa kali di rumahnya. Dank je wel voor de lekker pancake Tom..^^

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on June 5, 2011, in belgie. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. saya ingin suatu saat nanti saya bisa pergi ke belgia bersama keluarga karna keluarga saya belum pernah sekalipun pergi ke luar negri dan saya juga ingi orang tua saya bisa bangga dengan saya…

    • yuppzz…semoga bisa yaaa^^ kalau ada keinginan pasti ada usaha dan doa, kalau sudah ada itu ya pasti ada jalan… semangad yaaa..do your best!🙂

Leave a Reply

