Selexyz Toko buku di Maastricht


Selexyz domicanen adalah sebuah toko buku yang berada di centrum (pusat perbelanjaan) kota Maastrich. Merupakan salah satu toko buku terbesar diBelanda yang memanfaatkan bangunan Gereja tua peninggalan Dominican abad 13 yang ketika itu masih difungsikan sebagai Gereja hingga Maastrich dikuasai oleh pasukan Napoleon tahun 1794. Sejak itulah Bangunan bekas gereja tersebut difungsikan bukan sebagai Gereja melainkan sebagai gudang lalu pernah juga difungsikan sebagai tempat parkir sepeda dan akhirnya kini difungsikan sebagai Toko buku. Toko buku ini merupakan hasil merger dari toko buku Maastricht’s Bergmans dan Academische Boekhandel. Toko buku ini juga memiliki cabang dikota lain di Belanda yaitu di Utrecht dan di ROtterdam. Salah satu yang paling menarik di toko buku ini selain gaya arsitektural bangunan yang khas adalah ragam buku yang sangat banyak. Sebagian besar menjual buku berbahasa Inggris dan sisanya adalah buku Bahasa Belanda maupun bahasa eropa lainnya.

Pintu masuk toko buku

Lantai 1 toko buku selexyz

Berjalan lumayan agak jauh menyusuri jalanan centrum Maastrich dari stasiun pusat kota, lalu melewati jembatan yang membelah sungai Maas, akhirnya saya sampai di alun-alun kota. Gereja besar yang bergaya khas jaman imperialis menandakan bahwa saya sudah berada dekat dari tempat tujuan saya yaitu toko buku selexyz. Toko buku ini merupakan tempat favorit saya untuk menghabiskan waktu dikala senggang. Saya sering menghabiskan 3 jam bahkan lebih untuk sekedar membaca buku di lantai 3 toko buku ini. Memang sih, ini bukan perpustakaan yang mengijinkan pengunjung untuk berlama-lama membaca disana tanpa membeli, tetapi tidak masalah lah..dari pada saya menghabiskan sekian belas atau puluh euro saya untuk sekedar dapat membaca buku..:). Lokasi toko buku ini agak terpencil yang bagi orang awam seperti saya, sangat tidak menampakkan bahwa tempat itu adalah toko buku. Bangunan tinggi menjulang dengan tembok batu coklat dan berpintu juga tinggi menjulang menyapa saya hingga saya pun berhasil memasuki toko buku ini tentunya dengan bertanya-tanya ke tourish information sebelumnya. Arsitektur yang megah dan tatanan rak buku yang tertata rapi menjadikan saya semakin betah ditempat itu, apalagi disana juga terdapat cafe yang memanjakan pengunjung dengan suguhan kopi, capucino dan camilan-camilannya sembari membaca buku yang dibelinya disana. Terdapat kasir yang ramah, informasi buku dan bagian pemesanan buku yang pelayanannya juga menggunakan bahasa Inggris sehingga saya tidak perlu kawatir dan bingung untuk merangkai kata-kata dengan bahasa Belanda. Disana juga terdapat komputer dengan akses cepat untuk mengetahui lokasi buku yang kita cari. Lantai 1 merupakan kumpulan buku-buku baru, novel dengan berbagai bahasa dan Majalah. Sedangkan lantai 2 dan 3 merupakan buku-buku technical, sastra, computer , literatur budaya,Agama,sejarah dan science. Spot favorit saya adalah dilantai 3, dimana disana terdapat buku-buku science dan ilmu bumi. Selain itu, dari lantai 3 saya juga bisa memandang suasana di lantai bawah ataupun memandang langit-langit gedung yang arsitekturnya sangat menawan. Oh iya, pernah suatu ketika  saya menghabiskan sekian puluh euro saya untuk membeli beraneka ragam buku ilmu bumi dan sejarah science dan novel eat, pray and love cetakan pertama berbahasa Inggris. Hingga saya agak sedikit harus memutar otak untuk memulangkan buku-buku saya ketika kembali pulang ke Indonesia karena over weigth di Bandara..heheheh…

Cafe shop di tokobuku

Lantai 2 dan 3 toko buku

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on July 23, 2011, in experince. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. wah terimakasih banyak informasinya sis

Leave a Reply

