2012… kiamatkah??


(sumber: link)

Kenapa sih tahun 2012 disebut sebagai Doomsday atau hari kiamat?  Keyakinan tersebut sebenarnya berasal dari hitungan kalender suku Maya yang menghitung bahwa tahun akan berhenti hanya sampai tahun 2012 saja. Nah lo, setelah itu akan muncul pertanyaan lagi. Kok iso kiamat tahun 2012? Kalender macam apa sih itu? Keyakinan apa sih yang dianut oleh suku Maya? Sepopuler apa sih suku Maya, kok bisa sampai memperoleh keyakinan hari kiamat segala dan sampai menghebohkan dunia? Siapa sih suku Maya itu? Apa sih dasar perhitungan kalender itu? Bener ndak sih tahun 2012 bakalan kiamat? Dan akan beranakpinaklah pertanyaan-pertanyaan yang lainnya…. Berdasarkan beberapa sumber sejarah yang sempat sedikit-sedikt saya baca dan banyak-banyak membuat saya semakin bingung, saya pun berhasil menjawab beberapa pertanyaan- pertanyaan tentang hari kiamat 2012 sudah sudah menggumpal di otak saya. Begini ceritanya yang menjawab pertanyaan saya itu :

Tentang Suku Maya

Suku maya  biasa disebut oleh para Anthropologists diawal abad 16 sebagai suku Mesoamerica. Memiliki kehidupan negara yang cukup kompleks yang didominasi oleh raja dan bangsawan. Sebagian dari mereka juga bekerja sebagai petani, pekerja di sector agraris dan mereka memiliki kewajiban untuk membayar pajak untuk petingginya (yang mereka sebut great lords). Keluarga bangsawan atau penguasa hidup dipusat kota yang merupakan pusat dari kehidupan politis dan ritual. Temples, Istana, lapangan bola, sekolah, monument dan beberapa bangunan lainnya berdiri di pusat kota. Para professional suku menulis buku dan kalender, serta membuat banyak hasil pemikiran tentang Ketuhanan (seperti yang tertulis dalam manuskrip Popoh Vuh), nenek moyang, kepercayaan, cosmology dan cosmogony serta ritual-ritual, kalendernya dan symbol-simbol yang digunakan. Profesional di bidang lainnya juga membuat barang-barang seperti emas,permata, coklat, pakaian dari kulit hewan dll. Elemen dasar dari peradaban baru tersebut mulai berkembang dan menyatu pada tahun 1600 SM.

Popoh Vuh (sumber:wikipedia)

Mesoamerica kemudian berkembang dan memiliki kontribusi yang besar terhadap perkembangan dunia khususnya dibidang ekonomi agrikultur. Beragam hasil bumi tropis yang berkembang dikawasan tersebut seperti tembakao, coklat, tomat,alpokad dll. Mesoamerica dulu merupakan tanah kehahiran suku ini dan kemudian berkembang di wilayah-wilayah sekitarnya. Kawasan yang budayanya paling terkenal adalah dikawasan tropis seperti Mexico, Guetamala,Honduras, Belize dan El Savador sekitar abad ke 7-9 masehi. Pada masa tersebut dikenal dengan periode Late Classic. Suku maya inilah yang kemudian lebih dikenal oleh orang walaupun sebenarnya budaya dari suku maya kuno sudah berkembang sejak lama. Beberapa bukti keberadaan peradaban suku maya dapat dijumpai di sebelah Selatan Mexico berupa bekas-bekas kerajaan suku Maya.

Temple/ tempat pemujaan suku Maya (sumber : link)

Ketika Spanyol mulai berekspansi mencari negara jajahan, mereka bertemu dengan suku Mesoamerica yang merupakan keturunan dari suku Maya klasik. Mereka bermukim di bagian utara dari Yucatan Peninsula yang letaknya jauh dengan kampung halaman asli mereka. Sekitar 600000 suku maya bermukim disana pada sekitar abad 16. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing jumlahnya ratusan hingga ribuan dan dipimpin oleh pimpinan yang bernama Batab. Masing-masing pimpinan memiliki daerah kekuasaan dan kekuatan sehingga tidak jarang terjadi perebutan kekuasaan dan wilayah antara kelompok satu dengan yang lainnya.

Budaya Klasik Maya berkembang sangat pesat antara tahun 1200-400BC. Ketika itu dibangun beberapa bangunan, monument, dan diciptakannya kelender dengan perhitungan angka tahun disesuaikan dengan keyakinan mereka. Kalender inilah yang kemudian dijadikan sebagai dasar perhitungan hari kiamat yang sedang heboh beberapa tahun belakangan ini.

(sumber: David Webster, The Uses and Abuses of The Ancient Maya)

Perhitungan kalender Maya.

Kalender maya inilah yang agak nyerempet-nyerepet menyatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012 bulan Desember tanggal 21. Bagaimana perhitungannya?

Kalender ini menggunakan tanggalan system b’ak’tun sebagai perhitungannya. Calender yang disebut long count calendar ini dulunya pernah digunakan di Amerika tengah dan baru diketahui bahwa ternyata kalender tersebut adalah sama dengan perhitungan kalender yang dianut oleh suku Maya. Perkembangan kalender tersebut diyakini dimulai pada kira-kira tahun 250-400 masehi. Kalender ini menggunakan system perputaran dan penuliasan tersendiri. 20 hari merupakan 1 unial, 18 unials (360 hari) disebut Tun, 20 Tun disebut k’atun, 20 k’atun (144000 hari atau sekitar 394 tahun) disebut b’ak’tun. Sehingga, apabila kalender suku Maya menunjukkan 8.3.2.10.15 artinya bahwa tanggal tersebut merupakan 8 b’ak’tuns, 3 k’atuns, 2 tuns, 10 unial dan 15 hari.

Kalender suku Maya (sumber:link)

Pada manuskrip Popoh Vuh menyatakan bahwa Tuhan menciptakan 3 macam dunia, dan sebelumnya sudah diciptakan 4 dunia dimana manusia sudah hidup didalamnya. Pada Kalender Maya Long Count menyatakan bahwa 3 macam dunia itu akan berakhir pada 13 b’ak’tuns. Awal dari hitungan 3 dunia baru itu atau disebut zero date (0.0.0.0.0) adalah pada 11 Agustus 3114 SM sesuai dengan kalender Proleotic Gregorian. Sehingga berdasarkan perhitungan tersebut, akhir dari zaman akan terjadi pada 21 Desember 2012. Angka 13 sebagai patokan akhir dari perhitungan kalender Maya disebutkan pada Tortuguero Monument 6 disebelah Selatan Mexico. Monumen yang bergambar suku maya dengan pakaian Khasnya bernama Ajaw menuliskan beberapa kalimat dengan bahasa suku Maya dan diterjemahkan oleh Stev Gronemeyer dan Barbara MacLeod. Berdasarkan sumber lain, Suku Maya menggunakan angka 13 dan 20 sebagai akar dari system penomerannya. Sehingga 13 b’ak’tuns belum bisa dijadikan patokan, karena bisa saja kiamat terjadi pada 20 b’ak’tuns (sekitar 8000 masehi) atau malah lebih.

Tortuguero Monument 6 (sumber: wikipedia)

Akibat tersiarkan kabar tentang doomsday ini, beberapa media berlomba-lomba untuk mengabadikan cerita tentang hari kiamat. Bisa dilihat beberapa tayangan doomsday di YouTube, dan beberapa cerita sejarah antara lain: Decoding the Past (2005-2007), 2012 End of the Days (2006), Last Days on Earth (2006), Seven Signs of the Apocalypse (2007) dan Nostradamus 2012 (2008). Selain film documenter dan tulisan-tulisan yang menceritakan kebenaran teori suku Maya tentang kiamat, juga terdapat beberapa tulisan yang membantah tentang kiamat 2012 yaitu buku Fingerprints of the Gods oleh Graham Hancock. Selain yang disebutkan diatas, juga terdapat ratusan bahkan ribuan hasil penelitian, tulisan opini maupun kisah documenter yang menceritakan tentang fenomena 2012 yang masih menjadi sebuah tanda tanya besar karena minimnya bukti yang ada.

(sumber :The Astronomical Insignificance of Maya Date 13.0.0.0. by Vincent H. Malmström ; 2012 Phenomenon Wikipedia ; website universetoday)

Sebenarnya, masih sangat banyak hasil penelitian-penelian dan opini baik dari segi Ilmu astronomi, ilmu Antropolis, maupun pendapat berdasarkan pengalaman yang menceritakan tentang kebenaran maupun mitos dari keberadaan suku Maya ini serta kepercayaan tentang akhir jaman atau kiamat ini. Terlaluuu banyak sumber dan bukan ranah saya untuk membahasnya terlalu detail disini. Tetapi berdasarkan beberapa tulisan dan beberapa opini yang berhasil saya rangkum, menyatakan bahwa Kiamat yang akan terjadi pada 21 Desember 2012 kemungkinan besar adalah hanya salah persepsi perhitungan sebuah kalender kepercayaan masa lampau yang ditranslit oleh tokoh-tokoh di masa modern ini. Perlu dilakukan penelitian dan perbandingan dengan pembandingan Ilmu lain seperti Ilmu Agama yang berdasar dari Kitab Suci untuk menyimpulkan teori ini.

NB : Beberapa sumber situs serta hasil research sejarah dan arkeologis berbahasa Inggris banyak yang membahas tentang Suku Maya dan fenomena kiamat 2012. National geografis secara khusus juga membahas tentang suku Maya dalam Majalah berbahasa Indonesia.

 ^^Sekian (tan)

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on January 1, 2012, in experince. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. sampai saat ini sy masih percaya pada kitab suci Al-qur’an.. dmana dsebutkan “ketika tidak ada lagi orang hamil, tidak ada lagi Adzan, tidak ada lagi org membaca Al-qur’an, ketika matahari terbit dari barat dll” saat itulah KIAMAT akan datang,,tapi entah kapan??kalo 21 des 2012 sih perkiraan saya masih ada item diatas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: