Tradisi Valentine di seantero jagad


Dulu, waktu saya masih mengikuti trend hingar bingar huru hara anak muda (baca: waktu SMP dan SMA), setiap tanggal 14 Februari pasti saya disibukkan oleh kegiatan membeli coklat, menerima coklat atau pernak-pernik merah muda. For what? yaa untuk merayakan Valentine laaaaahh.. apa lagiii coba’…😀 . Pastilah tanggal 13 Februari saya bersama teman-teman sekelas saya atau temen se-genk heboh dengan mborong coklat dan membagikannya ke teman-teman terdekat pada tanggal 14 Februari,dengan harapan mendapat balasan coklat dari teman-teman. heheh… so, Valentine was just a coklat celebration and pinky day.. atau bisa saya bilang, makan coklat berjama’ah dan hari mendadak merah muda.. hehehe… Tanpa tahu makna dan sejarah Valentine itu sendiri, kami mengikuti trend anak muda dengan merayakan “hari raya” tersebut. Seiring berjalannya waktu dan seiring kesibukan, kini saya tidak pernah lagi mengikuti trend tersebut. Tidak ada lagi perayaan makan coklat bersama, karena disamping saya sedang diet (ceileee..) saya juga tidak seberapa doyan coklat..heheh.. Selain itu, pacar saya tidak pernah mbelikan coklat eee.. Langsung aja dibelikan makanan seporsi..better that coklat..heheh..🙂

Bicara tentang Valentine, sebenarnya saya tidak seberapa paham sejarahnya kenapa sih hari valentine bisa sampai seheboh itu dirayakan seluruh penduduk dunia. Bukan karena saya malas untuk mencari literatur yang menceritakan tentang sejarah valentine, tapi terlalu banyak paham dan sejarah berbeda yang berkembang. Sehingga membuat saya sulit menarik kesimpulan dari sejarah Valentine yang sebenarnya. Beberapa rangkuman sejarah Valentine bisa dilihat dari Link ini. Karena saya tidak ingin membahas tentang sejarah Valentine yang membingungkan dan penuh ketidak jelasan. Jadi, dalam artikel saya kali ini, saya ingin membahas tentang perayaan Valentine di seantero dunia yang pastinya terdapat beragam keunikan.

Eropa

Di UK, Valentine dirayakan dengan beragam cara pada masing-masing kota. Di Norfolk, Valentine dikenal dengan istilah Jack Valentine dimana Jack akan mengetuk pintu rumah penduduknya untuk mengantarkan hadiah kepada anak-anak disana. Jadi,Jack Valentine itu semacam sinter-klaas yang membagikan kebahagiaan kepada anak-anak. Di Wales, penduduk setempat menamai Valentine sebagai Dydd Santes Dwynwen (St Dwynwen’s Day) yang sebenarnya dirayakan pada tanggal 25 Januari, tetapi perayaannya sama dengan Valentine day yaitu sebagai hari kasih sayang. Hari tersebut juga merupakan hari untuk mengenang St Dwaynwen, tokoh terkenal di kota tersebut. Di Perancis, Valentine dikenal dengan istilah Saint Valentine yang merupakan perayaan tradisional umat Katolik. Di Spanyol, Valentine dikenal dengan San Valentine dan dirayakan dengan cara yang sama seperti penduduk UK dalam merayakan tradisi ini. Catalonia, salah satu kota di Spanyol merayakan Valentine dengan cara mengirimkan mawar atau buku. Acara tersebut dikenal dengan istilah La Diada de Sant Jordi (Saint George’s Day). Di Portugal, Valentine dikenal dengan istilah “Dia dos Namorados” yang diartikan sebagai harinya para pencinta/ orang yang sedang jatuh cinta.

Denmark dan Norway mengenalnya dengan istilah Valentinedag yang tidak seberapa dirayakan secara besar-besaran. Sebagian dari mereka merayakan hanya dengan makan malam romantis, mengirim surat cinta kepada kekasih hati atau memberikan mawar merah sebagai perlambang cinta kepada pujaan hati. Swedia menamai hari Valentine ini dengan istilah Alla hjärtans dag (“All Hearts’ Day”) yang sebenarnya merupakan cara Industri Bunga diwilayah setempat untuk menjual bunganya dengan melihat trend budaya America yang merebak di negara tersebut. Istilah ini baru berkembang pada tahun 1960an. Istilah ini bukan hanya digunakan pada saat Valentine semata, namun juga digunakan pada perayaan Mother’s day. Di Finlandia, Valentine dikenal sebagai Ystävänpäivä yang diartikan sebagai hari kawan. Sehingga perayaan bukan hanya dilakukan bersama orang tercinta saja, namun juga perayaan bersama teman-teman. Estonia juga merayakan dengan cara yang sama namun istilahnya saja yang berbeda. Estonia menggunakan istilah Sõbrapäev untuk hari Valentine.

Slovenia merayakan Valentine dengan cara yang cukup unik. Penduduk setempat mengatakan bahwa Valentine merupakan hari dimana “St Valentine brings the keys of roots” (St. Valentine membaya kunci untuk pertumbuhan suatu akar). Sehingga pada hari tersebut diyakini sebagai awalnya pertumbuhan suatu tanaman pohon dan bunga. Bukan hanya akar tumbuhan saja yang dianggap tumbuh atau berawal, tetapi akar kehidupan juga diyakini berawal dari hari tersebut. Banyak yang memulai usaha baru atau pekerjaan baru maupun yang memulai rumah tangga baru di hari tersebut. Tetapi di negara ini, juga punya hari kasih sayang sendiri yang jatuh pada 12 Maret yang dikenal dengan nama hari Saint Gregory. Ada juga kawasanyang menyebut Valentine sebagai Valentin – prvi spomladin” (“Valentine — first saint of spring”). Dimana hari tersebut merupakan merupakan awal dari musim semi dinegara tersebut.

Romania memperingati hari kasih sayang bukan pada tanggal 14 Februari melainkan pada 24 Februari. Istilah yang digunakan dinegara ini adalah Dragobete yang diambil dari seorang tokoh Romania Folklore yang merupakan putra dari Baba Dochia. Nama dari tokoh tersebut adalah Drag yang artinya sayang. Kata Drag kemudian ditambah menjadi Dragoste yang artinya cinta. Walaupun Romania sudah memiliki hari kasih sayang sendiri, bukan dihari Valentine 14 Februari, namun penduduk setempat juga merayakan hari Valentine tersebut. Negara Lithuania dan Latvia, Perayaan Valentine dilakukan dengan menempelkan stiker di wajah mereka dan berpakaian seperti teman terdekat mereka. Negara ini baru merayakan valentine pada tahun 1990 ketika baru berpisah dari Uni Soviet. Valentine day di negara Mesir dan Cyprus dikenal dengan istilah Ημέρα του Αγίου Βαλεντίνου yang diartikan sebagai hari St Valentine. Walau dinegara yang menganut ajaran Gereja Orthodox memiliki hari kasih sayang atau hari cinta sendiri, namun sebagaian dari mereka juga merayakan hari Valentine sebagai hari kasih sayang.

Tradisi Jewish yang dikenal dengan istilah 15th day of the month of Av – Tu B’Av (biasanya dirayakan pada akhir Agustus) juga merupakan sebuah festival cinta. Dimana pada saat itu, para gadis mengenakan dress putih dan menari disebuah alun-alun dimana para pria akan menanti mereka disana. Pada kebudayaan Israel modern, budaya ini lebih popular sebagai hari perlambang kasih sayang, perlambang cinta dalam ikatan pernikahan dan hari dimana mereka mengungkapkan kasih sayangnya dengan kartu dan bunga.

Amerika Latin

Beberapa negara di Amerika latin menggunakan istilah “Día del Amor y la Amistad” (Day of Love and Friendship) yang merupakan hari apresiasi cinta terhadap teman. Istilah tersebut dikenal di beberapa negara seperti Mexico, Costa Rica, Ecuador dan Perto Rico. Guetama menggunakan istilah “Día del Cariño” yaitu hari perhatian. Brasil merayakan hari kasih sayang atau dikenal dengan istilah Dia dos Namorados pada 12 Juni. Dimana hari tersebut adalah hari sebelum hari Saint Anthony yang merupakan tokoh pernikahan/ahli pernikahan. Perayaannya adalah, wanita yang statusnya masih single melakukan suatu ritual yang dikenal sebagai simpatias yang bertujuan untuk mendapatkan pasangan yang baik. Bagi yang sudah memiliki pasangan, mereka biasa merayakan dengan tukar-tukaran hadiah, coklat, kartu ataupun bunga. Hari Valentine pada 14 Februari tidak dirayakan karena mereka memiliki budaya sendiri untuk merayakan karnaval yang lebih meriah pada awal Februaru hingga awal maret.

Presiden negara Venezuela pada tahun 2009 Hugo Chavez menyatakan bahwa “since on the 14th, there will be no time of doing nothing, nothing or next to nothing … maybe a little kiss or something very superficial”. Presiden menghimbau  penduduknya untuk merayakan 1 minggu setelah pernyataan presiden tersebut dengan perayaan penuh cinta.  Pada sebagian penduduk Amerika Latin, perayaan Día del amor y la amistad and the Amigo secreto (“Secret friend”) adalah lebih popular dirayakan bersamaan dengan perayaan 14 Februari. Kecuali negara Colombia yang merayakan Valentine pada Sabtu ketiga di bulan September.

Asia

Hari Valentine dinegara Asia dirayakan dibeberapa negara seperti Singapore, China dan Korea selatan dengan banjir hadiah. Sama halnya dengan Jepang, di Korea Selatan, wanita akan memberikan coklat kepada pria pada tanggal 14 Februari sedangkan pria akan memberikan sesuatu yang bukan coklat maupun permen kepada wanita pada 14 Maret. Hari tersebut dikenal dengan istilah White day. Pada tanggal 14 April (black day), orang yang tidak menerima hadiah pada tanggal 14 Februari maupun Maret akan pergi ke restoran korea untuk makan mie hitam자장면 jajangmyeon . Korea juga merayakan hari Pepero pada 11 November dimana salah satu pasangan muda memberikan kue Pepero kepada pasangannya. Malah diKorea sendiri, hari kasih sayang dirayakan setiap bulan ditanggal 14 yang namanya berbeda dari bulan January hingga Desember. Nama tersebut berurutan adalah : Candle Day, Valentine’s Day, White Day, Black Day, Rose Day, Kiss Day, Silver Day, Green Day, Music Day, Wine Day, Movie Day, and Hug Day.

Perayaan Valentine di China adalah pria akan memberikan coklat, dan bunga kepada wanita yang dicintainya. Di negara ini, Valentine dikenal dengan istilah : 情人节; traditional Chinese: 情人節; pinyin: qíng rén jié . Sedangkan istilah Valentine lainnya adalah Qixi Festival, untuk memperingati hari ke-7 pada bulan ke-7 pada kalender lunar. Negara Taiwan merayakan valentine dengan tradisi yang berkebalikan dengan negara Jepang dimana pria akan memberikan coklat kepada wanita. Sebaliknya wanita akan memberikan coklat pada pria pada White day. Di Philippines, Valentine day dikenal dengan istilah “Araw ng mga Puso” or “Hearts Day” dimana kasih sayang diungkapkan dengan bunga.

 Perayaan Valentine ini memang menuai protes di beberapa negara seperti Arab Saudi, Iran,Palestina,Malaysia dan beberapa kelompok di Indonesia. Saya tidak seberapa paham (lebih tepatnya, saya tidak mau terlalu memahami) konflik yang terjadi antara kelompok yang mendukung perayaan ini maupun yang menentang. Yang saya tahu hanyalah bahwa kita memang membutuhkan hari kasih sayang. Entah kapan itu tepatnya, yang pasti hari kasih sayang itu perlu ada. Hari dimana kasih sayang itu diungkapkan, dipupuk dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga konflik-klonflik yang terjadi bisa dihilangkan sementara atau malah dimusnahkan. Hari dimana kebencian dapat terhapus oleh kasih sayang. Hari kasih sayang ini adalah hari dimana tidak ada keegoisan pribadi atau kelompok tertentu untuk memaksakan pahamnya masing-masing. Hari kasih sayang bukan juga sebuah hari pelampiasan dan pembuktian cinta terhadap pasangannya dengan hal-hal yang negatif. Valentine day atau hari kasih sayang dengan istilah apapun tanggal berapapun itu jangan dikotak-kotakan sebagai sebuah perayaan yang berbasis paham tertentu. Hari kasih sayang adalah perayaan universal untuk menyebarkan kasih sayangnya terhadap semua umat didunia, tanpa terkecuali, tanpa dibedakan oleh golongan.

Mungkin masih banyak lagi keunikan perayaan kasih sayang di berbagai negara didunia yang belum bisa saya rangkum lengkap disini. Namun, saya harap tulisan singkat ini dapat memberikan gambaran tentang perbedaan,tentang budaya dan tentang pemikiran yang berbeda dari setiap negara didunia dalam mengapresiasikan kasih sayangnya.

Selamat hari kasih sayang…🙂 May Love could bring us to find the rigth way of life..

Sekian ^Tan^

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on February 13, 2012, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: