SEM Scanning electron microscope tanah lempung


Hmmm… sekian lama saya tidak memposting berita, akhirnya malam ini saya sempat sedikit-sedikit bercerita tentang sesuatu hal yang mungkin menarik. Nah, kali ini saya akan sedikit memamerkan hasil foto-foto saya beberapa hari lalu di sebuah laboratorium metalurgi material. Yang saya foto bukan kenarsisan saya berfoto-foto ria dengan kamera canon  DSLR saya, tetapi yang saya foto adalah Lempung. yaaa.. Lempung.. tanah lempung. Bukannya kurang kerjaan, tetapi ini memang bagian dari penelitian teman saya untuk mengetahui kondisi mocroscopis tanah lempung apabila distabilisasi. Alat yang digunakan namanya SEM dengan singkatan sesuai dengan judul dari postingan saya kali ini. Hanya sedikit laboratorium yang memiliki alat ini. Mungkin hanya 4-5 lab. yang punya di Indonesia. Beberapa tahun lalu, untuk melakukan pengujian ini kita perlu jauh2 pergi ke Bandung karena hanya disanalah yang memiliki alat ini dulu, sedangkan sekarang ITS sudah punya 2 alat tersebut di lokasi yang berbeda.

Hasil fotonya tentulah bukan sekedar memfoto tanah, tetapi tanah tersebut bisa diperbesar secara micro hingga perbesaran puluhan ribu kali hingga menemukan fokus dan gambar yang kita inginkan. Nah kali ini, teman saya ingin mengetahui karakteristik utama yang dimiliki oleh lempung tersebut. Selain itu, juga ingin mengetahui kandungan apa saja yang ada didalam lempung tersebut sehingga bisa dipastikan jenis lempung apakah itu. Nah, masing-masing jenis lempung memiliki ciri sendiri dalam hasil pemfotoannya. Dan masing-masing jenis lempung tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda. Untuk itulah, teman saya ingin melihat kondisi mikro si lempung untuk mengetahui karakteristik dan jenisnya sehingga bisa mengetahui sifat dari lempung yang diuji tersebut. Nah, dari pada saya cerita panjang lebar dan tidak bisa dimengerti oleh orang awam lebih baik saya pamerkan foto-fotonya dibawah ini.

(Perbesaran 250x)

Perbesaran 10000x

Perbesaran 10000x

Perbesaran 5000x

Perbesaran 10000x

Nah… Lucu yaa hasil-hasil fotonya.. minggu depan (semoga bisa..) saya akan meng-upload beberapa foto iseng hasil pengujian SEM untuk menambahkan postingan saya ini..

Sekian,

^Tan^

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on April 13, 2012, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

