Kuliner Indonesia di mancanegara


“Bak mendapatkan sekarung apel di ladang sayuran” seperti itulah yang beberapa orang Indonesia yang tinggal atau sekedar berlibur diluar negeri rasakan ketika menemukan sebuah restoran Indonesia di negara tersebut. Hal tersebutlah yang pernah saya rasakan ketika menemukan sebuah restoran Indonesia ketika di Luar negeri. Yakk.. lidah orang Indonesia belum akan merasa puas sebelum menyantap kuliner Indonesia pun mereka sudah lama tinggal di luar negeri.

Kuliner Indonesia yang sangat beragam membuat orang Indonesia dan bahkan orang luar negeri merasa sangat menikmati keanekaragaman rasa tersebut. Bahkan beberapa situs internasional pernah menobatkan salah saju jenis masakan Indonesia sebagai salah satu the best food dunia. Kekhasan kuliner Indonesia yang didominasi bumbu rempah menjadikan masakan tersebut digadang-gadang oleh media mendapatkan kedudukan peringkat ke-dua setelah India. Kalau kita melewati the little India di Singapore, aroma rempah yang khas pasti tercium dan semakin kuat apabila kita melintasi restoran India itu sendiri. Sama halnya dengan masakan Indonesia, ke khasan aromanya juga berdampak positif terhadap perkembangan kuliner Indonesia di Luar negeri.

Salah satu masakan Indonesia yang masuk kedalam deretan masakan populer Internasional adalah Rendang. Rendang adalah daging yang berasal dari Sumatera Barat dikategorikan sebagai satu dari 50 makanan paling enak di dunia. Rendang seperti dirilis CNNgo, menempati urutan ke-11 makanan paling enak berdasarkan survei itu.Kari Massaman dari Thailand dalam peringkat itu menduduki peringkat pertama.

Berikut daftar 50 kuline terenak didunia versi CNN :

1.Kari Massaman, Thailand
2.Neapolitan Pizza, Italia
3.Chocolate, Mexico
4.Sushi, Jepang
5.Peking Duck, Cina
6.Hamburger, Jerman
7.Penang Assam Laksa, Malaysia
8.Tom Yam Goong, Thailand
9.Ice Cream, Amerika
10.Chicken Muamba, Gabon
11.Rendang, Indonesia
12.Sheperd’s Pie, Inggris
13.Corn on the cob, global
14.Doughnut, Amerika
15.Kalua pig, Amerika
16.Egg Tart, Hongkong
17.Lobster, global
18.Kebab, Iran
19.Nam tok moo, Thailand
20.Arepaz, Venezuela
21.Croissant, Perancis
22.Brownie and Vanila Ice cream, global
23.Lasagna, Italia
24.Champ, Irlandia
25.Buttered Garlic Crab, India
26.Fajitas, Mexico
27.Montreal Style Smoked Meat, Canada
28.Pho, Vietnam
29.Ohmi-gyu Beefsteak, Jepang
30.Goi cuon, Vietnam
31.Parma ham, Italia
32.Ankimo, Jepang
33.Fish n Chips, Inggris
34.Maple Syrup, Kanada
35.Chilli Crab, Singapura
36.Texas BBQ pork, Texas
37.Chicken parm, Australia
38.Frensh Toast, Hongkong
39.Ketchup, Amerika
40.Marzipan, Jerman
41.Stinky Tofu, Asia Tenggara
42.Buttered Tost with Marmite, Inggris
43.Tacos, Mexico
44.Poutine, Kanada
45.Chicken Rice, Singapura
46.Som Tam, Thailand
47.Seafood Paella, Spanyol
48.Potato Chips, Amerika
49.Masala Dosa, India
50.Buttered popcorn, Amerika.

(Sumber : id.berita.yahoo.com)

Maraknya perkembangan kuliner Indonesia diluar negeri juga ditandai dengan berdirinya beberapa restoran Indonesia di Luar Negeri. Di Belanda sendiri, seperti yang saya tau, ada hampir ribuan toko, restoran,warung-warung kecil yang menjajakan kuliner Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya warga Indonesia yang tinggal disana. Pernah saya terkesima dengan menu andalan sebuah cafetaria di Eindhoven,salah satu kota di Belanda, yang menjual masakan Indonesia yang dipadupadan dengan masakan Belanda sendiri. Salah satunya adalah Indonesie Burger yang merupakan sebuah kue burger biasa tetapi dalamnya diisi bumbu kacang dan kecambah. Selain itu, menu lainnya adalah nasi goreng,sate dan menu lainnya yang rasanya dipadu padankan dengan cita rasa Eropa karena pemiliknya sendiri adalah warga Belanda pecinta masakan Indonesia. Selain dikota tersebut, restoran Indonesia juga tersebar di beberapa kota di Belanda, salah satu yang saya kunjungi adalah Indonesisch-Thais Restaurant Terang. Restoran ini selain menjajakan kuliner Indonesia dan Thailand, restoran yang terletak di bantaran sungai dipusat kota Utrecht ini, juga dihiaskan dengan beragam hiasan Indonesia dan Thailand sebagai dekorasinya. Selain Restoran, event tahunan yang menyusung tema budaya Indonesia termasuk kuliner didalamnya juga sering diselenggarakan di Belanda. Salah satunya adalah, Pasar Malam Indonesia yang selain menyuguhkan budaya,tradisi dan musik Indonesia, disana juga menjual beragam menu khas Indonesia yang tentunya dengan cita rasa Indonesia tanpa dimix dengan cita rasa Eropa.

Selain di Benua Eropa, Restoran Indonesia juga tersebar di benua Asia dan sekitarnya. Berikut Beberapa Restoran Indonesia yang ada di Eropa dan Asia berdasarkan catatan Majalah Jong Indonesia edisi 2 Februari 2010 :

  1. Warung Bali-restauracja Indonezyjska, Polandia
  2. Putri Odi Indonesisch Taje Away, Renkum Belanda.
  3. Selera Anda,Amstelveen (dekat Amsterdam), Belanda
  4. Warung Kromo, Den Haag
  5. Ming kee, Den Haag
  6. Restoran mini, Rotterdam.
  7. Restoran Indonesia,Surabay-Bali, Eindhoven,Belanda
  8. Restoran Cabe, Tokyo,Jepang
  9. Haus van Java, Jerman.
  10. Warung Indonesia, Busan,Korea Selatan.
  11. Idaman Sayang, Malaysia
  12. Restoran Dayang dan Isaku, Den Haag
  13. Restoran Jimbaran, Dean Haag.
  14. Warung Indo Mbak Wiwi, Chiayi City,Taiwan.
  15. Sarinah, Taiwan.
  16. Indosakura,Taiwan.
  17. Restoran Ayam Penyet, Singapore.
  18. Mirasa dan Warung Kamto, Korea Selatan.

(Sumber : Jong Indonesia, Edisi 2 Februari 2010)

Selain di Eropa dan Asia , ternyata  jumlah restoran Indonesia di Amerika Serikat juga tidaklah sedikit. Di antaranya malah sudah berada di sana sejak belasan tahun lalu. Inilah cara pengusaha kuliner Indonesia go international.  Tak banyak pengusaha yang membuka restoran di suatu tempat di mancanegara. Terlebih-lebih jika Warna Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di suatu kota jumlahnya sedikit.  Tetapi ada juga pengusaha yang melihat komunitas bangsa Melayu (Indonesia dan Malaysia) di suatu kota atau distrik sebagai peluang usaha sehingga kemudian mendirikan restoran dengan cita rasa Melayu, seperti Bak Kuh Teh Breakfast, di New York yang memposisikan diri sebagai restoran Indonesia-Malaysia. Tapi umumnya pendirinya bukan orang Indonesia melainkan orang Asia lain yang melihat peluang usaha restoran dengan target pasar orang Melayu (Asia).

Selain New York, di Washington juga ada beberapa restoran milik orang Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Satay Sarinah yang letaknya di Alexandria. Pada awalnya Satay Sarinah terletak di Georgetown yang menyediakan makanan Indonesia untuk komunitas Asia di ibukota Amerika Serikat itu. Restoran ini didirikan tahun 1985 dengan nama Sarinah Satay House. Namun pada tahun 1999 pindah ke Alexandria dan namanya berubah menjadi Satay Sarinah. Satay Sarinah sudah sering mendapatkan peliputan media setempat. Salah satunya adalah majalah Washingtonian. Selain media cetak, media internet juga banyak yang meliputnya, seperti website yang khusus membahas restoran-restoran atau kuliner di AS. Dan untunglah sekarang ada blog yang efektif menjadi sarana promosi. Banyak orang per orangan (sebagian besar orang Amerika) yang menuliskan pengalamannya bersantap di Satay Sarinah lalu menuliskan rekomendasinya di blog mereka. Ini membuat restoran ini jadi makin banyak dikenal. Harian besar The Washington Post dalam website-nya memberikan apreasiasi bintang empat bagi Satay Sarinah. Bukti bahwa pengakuannya memang tak kecil.

Di California juga ada restoran Indonesia. Bahkan negara bagian ini merupakan negara bagian AS yang paling banyak memiliki restoran Indonesia. Di antaranya yang terletak di Post Street, San Francisco. Di jalan ini ada dua restoran Indonesia yaitu Indonesia Restaurant di 678 Post Street dan Borobudur Restaurant di 700 Post Street. Tak banyak informasi tentang Indonesia Restaurant. Namun sejumlah orang yang merekomendasikannya menyebutkan, makanan Padang-nya memang lezat.

Sedangkan Borobudur Restaurant merupakan restoran milik pasangan Soe Bin dan Yunita. Pasangan ini mendirikan Borobudur Restaurant pada tahun 1992, bukan di lokasi sekarang melainkan di Geary Street. Tahun 1994 keduanya memindahkan restorannya ke lokasi yang lebih nyaman di Post Street. Pengelola menyebut, Borobudur Restaurant merupakan restoran Indonesia paling populer di San Francisco. Malah majalah Asia Week pernah menyebutnya sebagai the best Indonesia food in the Bay Area.

Sedangkan di Hollywood ada Indo Kitchen yang terletak di Fourt Street, Alhambra, California. Indo Kitchen lebih dikenal sebagai restoran Padang di Hollywood. Terletak di kawasan yang lumayan strategis. Papan namanya cukup jelas menunjukkan jati dirinya sebagai restoran Padang. Seperti juga di restoran Padang lain, di sini juga ditawarkan rendang, kalio ati, sambal cabe, dan sebagainya. Restoran Padang memang mendominasi restoran-restoran Indonesia di luar negeri. Selain Padang, restoran lain lebih memposisikan sebagai restoran Indonesia yang menyajikan berbagai menu daerah. Restoran-restoran ini tak hanya menyediakan makanan bagi orang Indonesia di rantau, tapi sekaligus mempromosikan Indonesia karena penikmatnya tak cuma orang Indonesia di sana. (sumber: link)
Karena perkembangan Kuliner Indonesia dan keberagamannya yang sangat unik sehingga pemerintah Indonesia menjadikan Restoran Indonesia di Luar negeri dijadikan sebagai sarana diplomasi kuliner. Baca berita terkait.

Dari ulasan kuliner Indonesia diatas, ternyata Indonesia selain kaya akan bahasa,budaya,suku bangsa juga kaya akan kuliner yang sangat membanggakan. Kuliner Indonesia yang khas akan bumbu rempah, yang jarang ditemui di negara lain, menjadikan masakan Indonesia terkenal hingga mancanegara. Namun agak sedikit disayangkan apabila warga Indonesia sendiri tidak aware dan tidak menghargai keunikan kulier Indonesia itu sendiri. Mungkin maraknya fastfood dan junk food menjadikan masakan Indonesia tergusur dari hati masyarakat Indonesia sendiri.

Mari kita hargai dan cintai kuliner Indonesia..🙂

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on November 17, 2012, in experince. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. SEMOGA SEHAT SELALU.

    JAHE SUPER serbuk murni, tanpa gula dan bahan pengawet.

    Agen Jakarta:
    Hushby Parfum. Jl. Cileduk Raya no.6 Cipulir – ulujami
    Jakarta Selatan 021-91986008

    Agen Surabaya :
    SWALAYAN ‘ALMAS MART’. JL. IKAN MUNGSING 3 NO. 24.
    SURABAYA (031) 3540668

    Agen Malang :
    *) Depot HTS Lawang.
    *) Depot Mesir Kota Batu.
    *) Kopi bubuk Sido Mulyo (pasar klojen malang).
    Dsb.
    http://www.jahesuper.com

  2. Tambahin info
    Saya coba bikin daftar kuliner indonesia beserta petanya di
    Korsel : http://alaindonesia.net/loc/sout-korea/
    Jepang : http://alaindonesia.net/loc/japan/
    Hongkong : http://alaindonesia.net/loc/hongkong/
    Taiwan : http://alaindonesia.net/loc/taiwan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: