Histeria 1 April ala Abg= April mop


saya bilang : ” heiiiiy hari ini saya mati loo.. nanti sore jam 4… “. kamu bilang: “whattt.. seriuss loooo… ?!!” Saya bilang: ” Aprilll Moooooppp!!!”. Kamu bilang: ” apaan itu? jadi kamu nanti mati gara2 kena penyakit jenis baru yang namanya April mop?” kamu menjawab dengan tampang culunmu, dan saya pun terjatuh gludak-gludak…

yaahh.. begitulah mungkin salah satu kisah tragis di tanggal 1 April. (PS: kisah diatas hanyalah fiktif belaka yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sumber referensinya).

Tiba-tiba saya teringat dengan April Mop….

Kemeren pagi ke-siang-siangan, sembari menyetir mobil saya yang melaju dijalanan Surabaya,saya mengganti-ganti sambungan radio FM dimobil saya. Bosan mendengarkan informasi interaktif yang serius-serius melulu di radio SS, akhirnya saya pindah channel ke radio yang bersifat ke-ABG-ABG-an (radionya bocah-bocah anak baru gede..heehee). Nah, radio abg itu sedang sok heboh-hebohnya membahas “Hari Raya” April Mop.. yakkk.. April Mop yang setiap tahunnya akan jatuh di tanggal 1 April. April mop yang ketika saya masih duduk dibangku SMP adalah suatu hari besar bagi makhluk-mahkluk yang usil untuk ngerjain kawan-kawannya yang culun. Dulu saya salah satu orang culun yang dikerjain gara-gara histeria april mop itu. Dulu ketika saya duduk dibangku kelas 1 SMP, jujur saya tidak tahu sama sekali dengan istilah april mop alias hari berbohong sedunia ini. Jadi suatu ketika teman saya mulai berbohong kesaya, sayapun percaya. Teman lain berbohong juga, sayapun percaya lagi. Hingga akhirnya seorang teman yang mungkin merasa kasian dengan saya bilang pada saya ” Heii, hari ini April mop.. kamu dibohongin mereka.. jangan percaya mereka ngomong apa” lalu dengan tampang culunnya saya berkata pada teman saya “April-Mop itu apaan sih? ” #makjedeeerrrrr… temen saya pun mengatain saya ndak gaul gara-gara ndak tau istilah yang konon kabarnya gaul itu… Walhasil, pada hari itu saya menerima banyak kebohongan-kebohongan tidak logis dari teman-teman saya. dan bodohnya, saya percaya… #Tepok jidat#

nah, disini saya akan membahas “Hari Raya” April mop. Tentunya bukan dari sudut pandang Religius karena saya menyadari, saya belum seberapa religius dan sayapun meyakini bahwa Tuhan tidak akan menyetujui orang-orang yang berbohong dengan bermaksud jahat. Tapi saya juga meyakini bahwa Tuhan tidak akan terlalu menghukum umatnya yang merayakan April mop dengan tujuan untuk bersenang-senang dalam batas kewajaran dan tidak keluar dari jalan keyakinan yang dianut masing-masing individu. Nah, jadinya yang akan saya bahas disini adalah mengenai sejarah April-Mop. Kok bisa ada sihh acara April mop ini? dari mana sih asalnya?

begini ceritanya

April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari.Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

April Mop di Perancis sudah dikenal sejak tahun 1582 pada masa pemerintahan Raja Charles IX. Masa itu, Paus Gregory XIII merubah penanggalan kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang. Dengan demikian perayaan Tahun Baru, yang semula dirayakan mulai tanggal 25 Maret yang berlangsung selama seminggu hingga puncaknya pada 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari. Namun sejumlah masyarakat tidak menyetujui perubahan ini dan mereka terus melanjutkan perayaan “Tahun Barunya” pada tanggal 1 April. Perilaku mereka ini ditertawakan oleh sejumlah masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan cara memberikan lelucon undangan palsu yang beralamat palsu pula.

Korban dari lelucon April Mop dikenal juga sebagai “Poisson d’Avril” atau ikan April di mana istilah ini diambil dari pergerakan Matahari yang meninggalkan zodiak Pisces (zodiak Pisces berlambang ikan dan berada di kisaran tanggal 20 Februari – 20 Maret). Bahkan, Kaisar Napoleon I sempat dijuluki “Poisson d’Avril” oleh rakyatnya saat ia menikahi Putri Marie Louise dari Austria pada 1 April 1810. Orang-orang Perancis terus bertingkah aneh saat memasuki tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan. Barulah pada 1782, menurut versi Perancis, tradisi itu ditiru oleh orang Inggris yang kemudian mempopulerkannya ke seluruh dunia. Sebenarnya versi “April Mop” itu banyak sekali loh, hingga kini belum ada yang tahu versi mana yang asli. Sejarah yang saya uraikan di atas adalah sebagian kecil dari seluruh versi.

sumber : sini

yah.. begitulah awal mula istilah April Mop. Bagi yang menggunakan hari ini sebagai harinya lelucon,berbohong atau harinya bebas ngerjain temen ya ndak masalah asalkan jangan keterlaluan. Tapi menurut saya, apapun harinya kalau tidak ada lelucon atau guyonan (jadi semua manusia berlagak serius dengan muka kelipet semua) pasti hidup jadi ndak hepii.. Yah.. Pokoknya Happy deh.. waktunya serius, seriuslah.. Waktunya bercanda, bercandalah.. Jangan terbalik.. heehee…

Selamat “merayakan hari raya” April mop bagi yang merayakannya…🙂 heehee..

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on April 1, 2013, in experince. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Aku gak suka April Mop😦 dikerjain itu gak enak…. Huhu

  2. wow visitornya….

  3. udah lama nggak april mop-an mbak😀

Leave a Reply

