berbicara tentang anak bangsa


selamat pagi bali.. selamat pagi Gianyar.. selamat pagi Indonesia.. #dalam rangka pamer kalau saya masih di Bali..yeiyyy#.hehe

Yupp… Sudah tepat seminggu saya berlibur dibali sodara-sodara. dan sebenarnya sudah banyak sekali cerita-cerita yang sebenarnya sudah bisa saya share di blog saya. Banyak sekali cerita-cerita yang sudah saya siapkan untuk ditulis diblog. daripada saya nyampah ndak penting disosial media,khan lebih baik nge-share cerita dan opini lewat blog..ya tohh?!! Tetapi, sayangnya… kehidupan diBali yang membuat saya tidak punya waktu dan tidak mendapatkan fasilitas untuk menulis.. #ceilee bahasanyaaa#. yaaa.. kalau dibali sih saya sudah bermetamorfosis sebagai gadis bali yang rajin dan tekun (dan siap menjadi ibu rumah tangga yang baik.hahaha)…weitttzz kok gaya saya..hehe..Β  Acara adat dan acara bersih-bersih rumah yang cuma ditinggali oleh kakek dan nenek saya selalu tidak pernah absen saya lakukan. Alhasil, ya saya tidak punya banyak waktu untuk berserius-serius ria menyediakan waktu untuk menulis.

yahh.. kali ini saya berkesempatan untuk menulis. Kebetulan saya harus berkirim email dengan kapasitas file yang lumayan besar sehingga saya harus berputar-putar desa untuk mencari warnet. dan akhirnyaaa sambil menunggu file saya lampirkan diemail,saya memposting satu tulisan ini. Tadi ketika saya berputar untuk mencari warnet, saya agak miris melihat beberapa warnet yang dulu semerbak berkembang didesa ini, kini berubah menjadi pusat gameonline. dan itulah yang terjadi disisni, diwarnet yang saya datangi ini. Sebelah kiri saya duduk seorang anak kecil yang mungkin baru berusia 8-10 tahun. Kemudian disebelah kanan saya, duduk 2 orang bocah yang masih terlampau kecil untuk sekedar bermain didepan komputer tanpa pendampingan orang tuanya. lalu dikotak belakang saya, juga beberapa anak kecil berjejer rapi serius dengan komputer masing-masing dan lagi-lagi tanpa pendampingan orangtuanya. Apa yang mereka lakukan? yaaaaahhh.. ber-gameonline ria…

hari apa ini? hari minggu sodara-sodari. lalu? yah, memang sih hari minggu adalah hari bebas anak kecil untuk bermain dikala mereka sedang libur dari aktivitas sekolah. tetapi, apakah wajar anak seusia itu diwaktu yang masih terlalu pagi, mereka bermain komputer game-online tanpa ada pendampingan sama sekali.Β  Apakah ada yang tau apa dampak permainan game-online terhadap kondisi psikologis anak-anak yang notabene sebagai generasi penerus bangsa??Β  Saya tidak tau pasti dan tidak tau hasil research2 para ahli dibidang psikologis anak dan tidak tau pula data statistik hubungan antara meningkatnya kecanduan anak terhadap game-online terhadap kemerosotan kemampuan nalar dan perkembangan otak anak bangsa. Tetapi yang saya tau hanyalah, bahwa game online berakibat buruk bagi anak-anak. Kalau saya boleh mengambil istilah sendiri, game-online adalah pembodohan terhadap anak bangsa.

Saya jadi ingat, dulu ketika saya masih duduk dibangku kuliah. Saya punya seorang kawan yang sangat kecanduan game-online hingga kuliahnya berantakan. Ketika saya sudah menyelesaikan kuliah s2 saya, dia baru bisa menyelesaikan kuliah s1nya dengan predikat yang biasa-biasa saja. Lalu,adik saya juga sangat kecanduan game-online. Akibatnya kuliahnya juga kacau dan dia menjadi orang yang sangat pemalas didunia. Miris yah… Itulah mengapa saya membenci permainan game yang tidak educatif.

Saya merasa sangat berterimakasih kepada orangtua saya dalam mendidik saya. Saya sangat familier terhadap permainan-permaian anak kampung yang menurut saya sangat kreatif. Dulu saya terbiasa membuat permainan sendiri dari pelepah pisang,kulit jeruk ataupun membuat layangan alakadarnya. Saya sangat terbiasa menciptakan permainan-permainan sendiri dilapangan bersama kawan-kawan sepermainan saya dulu, sehingga saya menjadi jauh lebih kreatif dibandingkan dengan adik saya yang terlalu dini mengenal kemoderenan yang disalah artikan dan familiar terhadap game-game yang tidak membuat anak-anak keratif.

Memang… saya masih belum tahu cara terbaik dalam mendidik anak supaya bisa menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan. tetapi, dengan membandingkan beberapa metode pendidikan anak, merasakan hasil yang didapat dari cara mendidik anak metode terdahulu dan metode masakini saya memiliki sedikit gambaran bagaimana sebaiknya dilakukan nanti. tentunya kalau saya sudah punya anak akan saya aplikasikan yang terbaik.. :p

Oke.. email sudah selesai dikirim.. Time to escape..πŸ™‚

Selamat berakhgr pekan dan selamat menikmati masa akhir liburan hari raya sodara-sodari.. ^^

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on August 11, 2013, in experince. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. wua mba, menunggu postingan Bali dengan sigap, soalnya gw aku malas baca berita yg seringnya kabar buruk.

    btw, game online saya sangat setuju, karena itu addictif, jadi gak productif, gak bergerak, tapi para pecandunya menjawab dan mecari pembenaran dengan mengatakan mengasah otak, what the heh, gak bersosialisasi dan beraktivitas lainnya. aku juga gak suka banget anak2 main game online gak tau waktu.
    hidup permainan traditional yang selalu memiliki makna dibalik setiap permainannya (jadi seru kalo di posting ttg permainan tradisional Indonesia)πŸ˜€

    _Yuna_

    • ahaiiy.. ini baru nyampe Surabaya mba Yun.. ntar deh dikit2 postingan tentang di Bali. tapi ntaran deh,ini baru nyampe harus langsung siap2 cus gawe.. semoga nda banyak urusan ntar jd bisa bersenang2 bloging..yeiyy… :p

  2. Itulah masalahnya, orang tua jaman sekarang justru banyak yang “menyerahkan” anak-anaknya kepada gadget dan game online hanya supaya mereka tidak terganggu 😦

    • iya begitulah kondisinya. Kemoderenan jaman dan kemajuan teknologi justru memperdangkal cara berpikir orang-orang.. mau yg instan dan mudah sehingga permainan2 tradisional yg dianggap rumit dan annoying sedikit2 ditiadakan…πŸ™‚

Leave a Reply

