Diklat prajabatan Golongan 3: Daily activity (2)


Lanjutan….

Karena Kegiatan pembukaan prajabatan dimulai pada hari Jumat, sedangkan hari Sabtunya adalah libur tanggal merah, saya berharap bahwa selama weekend ini kami tidak ada kegiatan apa-apa. Saya berharap juga bahwa nantinya saya bisa keluar dari tempat diklat dan jalan-jalan ke tempat teman-teman saya di depok dan sekitarnya. Ternyata.. Harapan itu musnah sodara-sodaraa. Harapan musnah setelah saya melihat jadwal kegiatan yang harus kami laksanakan selama 2 minggu kedepan ini dimana kami tidak akan mendapatkan hari libur. Weekendpun akan tidak end alias kami tetap akan ada materi-materi yang sepertinya akan menjadikan mata saya semakin ngantuk dan ngantuk.. ohhh noooo…

Materi pertama di hari Sabtu adalah tentang dinamika kelompok dimana inti dari materi ini adalah saling mengenal satu sama lain. Kami ber-120 dipecah menjadi 3 kelas disesuaikan dengan angkatan kami masing-masing. Saya masuk di Angkatan 12. Untuk kelas dinamika kelompok ini, kami dipandu oleh 3 orang satgas (adau semacam wali kelas atau apa ya.. yang pasti mereka ber3 bertanggung jawab penuh terhada kelas kami). Kami mengenalkan diri satu persatu didepan kelas. Banyak dari teman-teman baru saya di angkatan ini punya selera humor yang tinggi. Beberapa dari mereka juga sudah memiliki bisnis sendiri. Beberapa juga sudah menyelesaikan S3 nya di luar negeri, beberapa lagi sedang kuliah S3 di luar negeri. Sepertinya teman sekelas saya adalah orang-orang hebat dan keren yang berkumpul menjadi satu di angkatan 12. wahhh.. bakalan seru nih, semoga saya bisa dapat banyak pelajaran dari kelas ini.. Materi dari pagi hingga siang hari ini lumayan menyenangkanlah. Lumayan seru walaupun agak sedikit ngantuk

Materi malam-pertama yang akan saya terima adalah materi tentang kesehatan mental yang dimulai pada pukul 19.00. yaaa, materi kesehatan mental ini baru akan dimulai di hari pertama dan kejadiannya adalah malam hari sodara-sodara. Benar-benar akan menguras tenaga dan mental sepertinya. Untuk mencegah ngantuknya mata saya dalam menerima materi serta rusaknya mental saya gara-gara ketiduran dalam menerima materi, sayapun memilih duduk di kursi paling depan. Kali ini adalah kelas gabungan diruangan besar. Duduk didepan ternyata berhasil membuat mata saya terpaksa melek (walau sudah melek melek merem dan ngantuk). But.. materi ini so far so good lah walaupun menurut saya materinya masih ada unsur-unsur mengarah ke ajaran-ajaran Agama tertentu. Tapi ya sudahlah, terima saja selama saya tidak mengantu… Materi usai jam setengah sepuluh malam sodara-sodara…

Hari minggu juga ada materi.. singkat cerita, materinya lumayanlah. Widyaiswara (pengajar) kami juga lumayan seru dan tidak membuat ngantuk. Tetapi tetep saja membuat saya bingung untuk menerima materi tersebut. Materi-materi yang diberikan kebanyakan adalah berupa pengenalan sistem prajabatan pola baru berdasarkan UU nomor 5 tahun 2014 dan beberapa aturan-aturan kementrian serta peraturan-peraturan pemerintah lainnya. Benar-benar saya harus belajar dari awal karena saya tidak pernah mempelajari itu sebelumnya.

Weekendpun berjalan dengan baik walau penuh dengan materi.. Segala kegiatan weekend dimulai pukul 08.00 karena tidak ada senam dan apel pagi. kegiatan weekday dimulai pukul 05.30 untuk senam pagi selama 1 jam lalu dilanjutkan dengan apel pagi pukul 07.30 kemudian lanjut materi pada pukul 08.00 dan seterusnya….

Weekday pertama kami…

Teman sekamar saya sudah bangun pukul 04.00 pagi untuk memulai aktivitasnya yaitu mencuci (busett dahhh jam segini nyuci…). Sayapun ikutan bangun sepagi itu. saya bersiap-siap untuk mengawali hari dengan senam pertama di diklat kali ini. Karena hari pertama senam, saya menjadi sangat was-was dengan waktu. Kami di Ramayana 15 ber-6 sedangkan jumlah kamar mandi hanya 3. Seusai senam dan makan pagi, kami hanya memiliki waktu 30 menit untuk bersiap-siap sebelum apel pagi dimulai. Untuk mencukupkan waktu, saya mencoba untuk mandi dulu sebelum senam dengan tujuan adalah apabila nanti setelah senam kamar mandi masih dipakai oleh teman-teman, sayapun tidak perlu mandi lagi dan lansung semprot minyak wangi untuk bersiap apel..hahaha.. #jorokk yaaa#

Pukul 5 pagi kami ber 6 sudah bersiap untuk menuju lapangan senam. Kamar kami di belakang dan paling ujung dan memerlukan waktu kurang lebih 10-15 menit berjalan santai menuju lokasi senam, untuk itu kami harus berangkat lebih awal. Syukurlah, dihari pertama kami senam, tidak ada peserta yang terlambat. Seusai senam, kami terburu-buru menuju ruang makan dan cepat-cepat makan. Perlu diketahui, tempat makan kami 3 angkatan adalah terpisah. Saya yang angkatan 12 tidak boleh mengambil makan ataupun makan di tempat makan angkatan 10 dan 11. Begitu juga sebaliknya. Kalau ketahuan mengambil di tempat angkatan lain maka akan ditegur oleh tim disiplin. dan sayapun sudah sekali kena teguran sodara sodara.. hehehe..

ya sudah lah.. sayapun memulai apel pagi dan materi dengan tidak mandi lagi.. #uppss#

Materi berjalan dengan menyenangkan dan kegiatan weekday saya begitu seterusnya…

About Women

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on June 4, 2015, in experince. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment