Menjadi vegetarian yang benar


Vegetarian adalah salah satu pilihan untuk hidup sehat. Menjadi vegetarian tidak lah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Cari tahu bagaimana cara mudah menjadi vegetarian dengan tetap sehat. Praktisi Vegetarian Mardi Wong yang telah menjadi vegetarian sejak 15 tahun memberikan beberapa informasi sebagai berikut:
Bagaimana cara memulai menjadi vegetarian?
Mudah sekali untuk memulai bervegetarian. Saya sarankan mulai mengurangi daging secara bertahap, agar tubuh bisa melakukan penyesuaian. Misalnya mulai mengurangi makanan daging binatang berkaki 4, kemudian berkaki 2, kemudian binatang laut, dan seterusnya. Secara intensitas juga dikurangi bertahap, misalnya tadinya setiap hari makan daging, cobalah tidak makan daging seminggu sekali, kemudian seminggu 3 kali, dan akhirnya setiap hari tidak makan daging. Kemudian tahap lebih lanjut, kuah makanan yang ter-“cemar” daging juga tidak boleh, demikian juga minyak bekas menggoreng makanan hewani.
Usia berapa sudah bisa menjadi vegetarian?
Menurut saya usia di dalam kandungan pun boleh vegetarian, dengan catatan si ibu harus memperhatikan gizi dan nutrisi yang dikonsumsinya, dan tentunya konsultasikan dengan dokter yang mendukung vegetarian.
Apa benar jika menjadi vegetarian badan menjadi tidak bertenaga?
Tidak benar bahwa menjadi vegetarian badan jadi tidak bertenaga. Buktinya banyak atlet yang bervegetarian dan berprestasi. Orang yang bervegetarian lalu badannya jadi tidak bertenaga dapat dipastikan tidak memperhatikan pola makan dan asupan gizinya. Pemakan daging pun akan tidak bertenaga jika kekurangan gizi.
Adakah pantangan orang sakit tertentu yang tidak bisa menjadi vegetarian?
Rasanya tidak ada orang sakit tertentu yang tidak bisa bervegetarian. Karena bervegetarian justru makin sehat. Biasanya dokter justru menyarankan banyak makan sayuran jika sudah kena penyakit-penyakit berat tertentu.
Seperti apakah cara makan yang benar untuk vegetarian?
Cara yang benar adalah makanlah dengan menu yang bervariasi, seperti tahu, tempe, variasi sayuran aneka warna, variasi kacang-kacangan, variasi aneka jenis jamur, jangan terlalu sering makan gorengan, makanan bersantan, hindari telur, jangan terlalu banyak garam atau gula. Dan jangan lupa untuk minum air yang cukup dan banyak makan buah-buahan.
Apakah sulit menjadi vegetarian sementara di keluarga tidak ada yang menjadi vegetarian?
Mungkin bukan sulit, tapi agak repot jika dalam keluarga harus menyediakan makanan untuk non vegetarian dan juga menyediakan untuk yang vegetarian. Karena itu paling baik sekeluarga sama-sama vegetarian. Jika dalam keluarga hanya Anda yang vegetarian, jangan patah semangat, karena itu pertanda permulaan yang baik untuk keluarga Anda.
Repotkah menyediakan makanan vegetarian?
Makanan tradisonal kita kan banyak yang vegetarian seperti gado-gado, karedok, urap, lalapan dan lain-lain. Tapi kalau mau beli di luar juga sekarang sudah banyak di kafe, kantin, food-court atau rumah makan yang menyediakan masakan vegetarian. Saya punya daftarnya di http://www.vegetarian-guide.com/vegetarian-restaurants-indonesia
Adakah risikonya kalau menjadi vegetarian?
Risikonya tidak ada. Hanya saja berdasarkan pengalaman pribadi, kadang ada teman yang suka mencemooh kita dalam batas bergurau. Tapi itu tidak apa-apa, karena kita tahu mereka yang mencemooh itu sebenarnya tidak paham.
Apa manfaat menjadi vegetarian?
Manfaatnya banyak sekali. Dari aspek kesehatan sudah banyak penelitian menunjukkan terbukti jauh lebih sehat. Dari aspek lingkungan, sekarang para pakar lingkungan membeberkan ternyata peternakan menjadi penyumbang terbesar pemanasan global, jadi dengan bervegetarian berarti kita turut menyelamatkan bumi kita. Dengan bervegetarian kita juga lebih berpotensi terhindar dari penyakit-penyakit yang menular melalui hewan seperti penyakit sapi gila, flu burung, flu babi, flu kambing.

Bagaimana tips menjadi vegetarian yang baik, karena kondisi lingkungan kadang-kadang membuat vegetarian tidak disiplin?
Menurut saya, kalau ingin bervegetarian dengan baik, tentunya kita harus lebih sering berkomunikasi atau bersosialisasi dengan lingkungan orang-orang yang bervegetarian, sehingga ketika kita berada di lingkungan yang tidak mendukung, disiplin kita tetap terjaga. Punya teman yang sama-sama vegetarian juga sangat membantu menjaga semangat bervegetarian. Berbagilah dengan lingkungan disekitar kita info-info vegetarian, sehingga mereka menjadi tahu manfaatnya.

(detik.health.com)

  1. doakan saya berhasil yaa…

  2. InsyaAllah saya mau mulai belajar menjadi vegetarian…

  3. saya juga sedang belajar jadi vegan, mulai menghindari makan daging, ikan, susu, dan telur..πŸ˜€ waaaa….seru juga rasanya

  4. i really felt power full and don’t care what they said….it’s my life,my health….

  5. Jadi pengen vegan juga …πŸ˜€

  6. widhi setiawan

    saya juga vegetarian

  7. udah lamaaa banget pengen jadi vegetarian tapi kok selalu gagal yah😦

  8. Saya juga lagi belajar hadi vegetarian.
    Sudah 3hari ini saya cuma makan buah2an. Tujuannya untuk menyembuhkan jerawat dan menjaga keindahan tubuh

  9. Hidup menjadi vegitarian sgt menyenangkan: badan sehat, emosi stabil, badan tetap segar…..Ayo bervegitarian…

  10. slm kenal…saya br mulai menjalankan,tp kl susu tmsk bt vegetarian jg?krn sy suka bgt susu.hiks…πŸ™‚ hehehe

  11. Sy ingin menjadi vegetarian..karna sy kasian sama hewan yg sy makan.

  12. saya berusaha untuk menjadi VEGAN yang disiplin untuk kesehatan dan keyakinan.

  13. “Vegan, No Smoking, No Drug!”. Ingin menerapin pola hidup (yang kalo dari pandangan yang saya tahu) Straight Edge. No Smoking sama No Drug-nya saya sudah bisa lawan dan mudah-mudahan bisa terus tanpa “keduanya” itu selamanya, tp untuk jadi Vegan, sepertinya sangat sulit sekali. Saya selalu berpikir bakal mustahil bisa jadi Vegan. Ada saja yang membuat saya putus asa. Seperti kurangnya dukungan teman, keluarga dan orang2 terdekat saya. Dan hal-hal kecil yg membuat saya selalu putus asa. Ambil contoh, semisal kita makan sayuran, saya selalu berpikir, sekarang kan banyak tuh bumbu-bumbu instan seperti Masako atau Royco (yg terbuat dari non-nabati), apakah jika saya memakan sayuran yg memakai bumbu instan tersebut, bisa dibilang saya melanggar dari hukum vegetarian? Dari contoh kecil itu saja, rasanya sangat sulit untuk saya mensortir makanan yg bisa saya hindari untuk menjadi seorang Vegan.. Bisa bantu saya? Saya ingin meminta saran dan nasihat dari anda. Sekaligus tolong beri saya keyakinan yg dapat membuat saya semakin yakin bakal bisa menjadi seoarang Vegan. Terimakasih.

  14. saya sudah jd vegetarian selama sebulan . . tp sulit sekali berhenti merokok

  15. Kmrin hbs usg ada kista kecil di ovarium. Disarankan utk olahraga dan jaga makanan. Mau coba utk makan makanan yg tidak bernyawa. Supaya lbh sehat dan bisa segera hamil dan punya baby yg sehatπŸ™‚ amiiiinnn

  16. saya sudah menjadi vegetarian sejak di kandungan

  17. Ada saran-saran untuk pemula nggak mbak? Saya mau mulai menjadi vegetarian.

  18. Saya sudah 2 minggu makan tanpa daging. Semoga konsistenπŸ™‚

  19. nitra kusumaningrum

    Sudah satu tahun vegan, dan semua itu karena punya team hiking yang semuanya vegan. Tapi ketika berada di sekitar teman yang tidak vegan, seringkali mendapat cemoohan, tapi nggak apa-apa, tetap semangat, karena ternyata ada juga teman yang akhirnya tertular “virus” vegan.

  20. Artikel yg bagus. Menjadi vegetarian banyak manfaatnya. Saya sudah menjadi vegetarian tahun 2000 saat kuliah semester 2. Manfaat yg paling nyata, berat badan terkendali, tekanan darah stabil, terlihat lebih muda.
    Hal yang memicu saya menjadi vegetarian adalah ketika saya melihat sapi mengeluarkan air mata ketika akan disembelih. Momen itu adalah momen yg sangat menentukan karena sangat menyentuh hati nurani saya dan membuat saya merenung “mengapa kita harus membunuh hewan hanya untuk memuaskan lidah kita, sementara masih ada makanan lain yg tidak perlu harus membunuh”.
    Bagi teman2 yg ingin menjadi vegetarian sebaiknya eksplorasi hal2 yang menjadi dasar pertimbangan untuk menjadi vegetarian. Buat saya menjadi vegetarian adalah panggilan hati saya.

  21. saya pernah menjadi vegetarian sekitar bulan Agustus – Desember 2014 namun gagal karena tidak mendapat dukungan keluarga dan sulitnya memperoleh bahan makanan vegetarian yang kaya nutrisi di sini. sekalipun ada harganya relatif mahal.
    saya ingin mulai kembali menjadi seorang vegetarian bahkan vegan dan saat ini saya sedang banyak mengumpulkan informasi mengenai vegan. saya ingin tau apakah makanan vegan boleh digoreng atau hanya boleh konsumsi makanan raw / dipanggang / oven saja? dan apakah penggunaan garam dibolehkan? terima kasih.πŸ™‚

    • Hallo salam kenal…πŸ™‚ tergantung keinginan menjadi vegan krn apa. Kalau mnjdi vegan krn konsep ahimsa atau tdk membunuh dan memakan makluk/hewan boleh saja mngkonsumsi makanan yg digoreng atau diolah bgmnpun asalkan tdk mngandung unsur hewani. Kalau mnjadi vegan krn ingin diet untuk mnurunkan berat badan ya jng makan bahan yg diolah dng cr digoreng.
      Boleh memakai garam. Ada jg bbrp pelaku vegetarian di India yg menghindari makan dng bumbu/bahan bawang krn dianggap dpt meningkatkan unsur2 rajasika dan tamasika (hal2 jahat dan negatif) dlm diri…

  22. Terima kasih artikelnya….mau belajar mengurangi daging

  23. Halo..saya sudah 13 tahun menjadi vegetarian..sudah punya 2 orang anak ..perkembangan mereka sama dengan bayi lainnya…mereka juga vegetarian

  24. Terima kasih atas informasinya, ini menambah keyakinan saya untuk menjadi vegetarian. buat yang yg masih dalam tahap pemula seperti saya, semangat ya sepaya bisa di biasakan

  25. Saya sudah satu tahun menjadi vegetarian sangat fun ternyata lebih sehat Dan percaya diri ,,kulit jadi indah badan pun jadi lebih langsing ,,saya juga minum air rendaman dari okra INI bikin lebih semangat

  26. saya mau jadi vegetarian, namun saya tidak tahu apa2 soal gizi makanan,…
    mohon bantuanya mba, ada banyak pertanyaan saya soal dunia vegetarian, mohon bantuanya, mungkin bisa komunikasi lewat e-mail mbak, atau medsos yg lain.

    • kalau soal gizi makanan saya tidak banyak tau pak.. mohon maaf.. hehe.. Saya hanya tau kulitnya saja.. mungkin pak Henrik bisa browsing2 atau baca2 buku tentang vegetarian.. banyak kok yg membahas gizi…πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

  27. Saya tidak ada masalah dengan sumber makanan hewan, satu2nya alasan saya untuk menjadi vegan adalah masalah lingkungan. Semoga kedepannya semakin banyak yang menjadi vegan agar lingkungan kita bisa berkurang kerusakannnya.

  28. Ingin memulai tp sulit sekali …
    Doskan sgar bisa memaluinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: