6 Pola makan buruk wanita


Sering ngemil, melewatkan sarapan atau sengaja membuat diri sendiri kelaparan merupakan tiga dari sekian banyak kebiasaan makan yang bisa merusak kesehatan. Kebiasaan itu memang sulit dihindari, mengingat gaya hidup masa kini yang semakin sibuk. Belum lagi stres dan rasa cemas yang biasanya menyerang masyarakat di perkotaan.
Menjaga pola makan sehat, sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan Anda tahu kebiasaan makan apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang tidak. Seperti dikutip dari Become Gorgeous, berikut ini enam kebiasaan buruk saat makan yang paling umum dilakukan, dan bagaimana cara mengonsumsi makanan yang lebih sehat.
1. Tidak Sarapan
Mungkin sebelumnya Anda sudah tahu mengapa sarapan tidak boleh dilewatkan. Sebelum beraktivitas, tubuh membutuhkan banyak energi. Menyantap sarapan setiap pagi akan memberikan nutrisi bagi tubuh. Sarapan yang sehat tidak hanya membantu Anda memulai hari, tetapi juga meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak dan kalori. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa pembakaran lemak lebih banyak terjadi di pagi hari dan penyimpanannya terjadi di malam hari. Konsumsilah buah, sayur,gandum, yoghurt atau susu saat sarapan.
2. Makan Berat Sebelum Tidur
Ada makanan yang membantu Anda tidur lebih nyenyak, tapi ada pula yang menimbulkan masalah bahkan mengganggu tidur. Jika Anda menyantap makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauknya sebelum tidur, tubuh tidak dapat membakar semua makanan. Justru akan mengubahnya menjadi lemak. Namun, bukan berarti Anda harus tidur dengan perut kosong. Makanlah sayur dan protein setidaknya tiga jam sebelum tidur. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan karbohidrat.
3. Camilan Tidak Sehat
Keripik, kue kering atau donat memang enak dan mengenyangkan, tapi mengandung banyak gula dan lemak. Untuk menjaga energi Anda dan menghindari makan terlalu banyak, makanlah camilan bergizi dan mengenyangkan. Gantilah camilan dengan buah-buahan, kerupuk gandum, batang seledri, yoghurt, wortel, atau almond. Saat merasa bosan atau stres jangan kembali mengonsumsi camilan tidak sehat.
4. Makan dengan Cepat
Pastikan Anda makan dengan santai dan menikmati makanan. Para ilmuwan mengatakan bahwa makan dengan cepat merupakan salah satu alasan utama kenaikan berat badan dan obesitas. Otak membutuhkan sekitar 15 sampai 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makan cepat dapat membuat Anda mengonsumsi makanan berlebihan dan memakan kalori lebih banyak. Hilangkan kebiasaan tidak sehat dan cobalah paksakan diri untuk makan perlahan-lahan.
5. Kurang Minum Air Putih
Setiap sel dalam tubuh membutuhkan air agar fungsi organ lebih baik. Air membantu Anda menurunkan berat badan, membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat, membantu pencernaan, mengurangi kelelahan, migrain, dan mengurangi risiko terkena kanker kandung kemih dan usus besar. Para ahli menyarankan minum air minimal 2 liter sehari atau delapan gelas. Tapi Hindari minum banyak air sebelum, selama atau setelah makan dan sebelum tidur. Ketika merasa lapar, jangan langsung makan, minum segelas air karena hal ini bisa jadi tanda Anda dehidrasi.
6. Membiarkan Diri Kelaparan
Membiarkan diri kelaparan adalah salah satu kebiasaan yang paling buruk. Untuk mendukung organ vital untuk bernafas, memompa darah, atau perbaikan sel, seorang wanita membutuhkan 1.200 kalori sehari. Sedangkan laki-laki membutuhkan 1.500 kalori. Oleh karena itu, jangan menahan rasa lapar berkepanjangan demi mendapatkan tubuh ramping. Kelaparan menyebabkan kekurangan gizi, lemah, mual, pusing, gelisah, dan depresi. Untuk waktu yang lebih lama, kelaparan dapat menyebabkan kegagalan organ bahkan kematian.

(wolipop.com)

  1. oke deeeehhhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: