Diklat Prajabatan Golongan 3 : Materi oh materi… (3)


Lanjutan…

Sepertinya saya harus membuka buku materi nih sebelum menulis ini… #fyuhhhh#

Diklat prajabatan yang saya ikuti ini adalah disesuaikan dengan diklat prajabatan pola baru. Perbedaan antara pola baru dan pola lama adalah pada durasi pelaksanaan, sistem pelaksanaan dan materi yang disampaikan. Dasar hukum pelaksanaan diklat pra-jabatan bagi CPNS adalah UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan kepala LAN Nomor 38 tahun 2014 tentang pedoman penyelenggaraan diklat pra-jabatan Golongan III. Durasi pelaksanaan pola baru ini adalah relatif lebih lama dibandingkan dengan pola-pola sebelumnya. Rencananya, pola baru ini akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan sistem on dan off campus. Tetapi karena keterbatasan dana, maka sistem baru ini terlaksana dalam durasi 31 hari dengan tetap menggunakan sistem on off campus. Diklat yang saya ikuti ini dilaksanakan dalam waktu 31 hari terhitung mulai tanggal 15 Mei sampai 25 Juni 2015.

yang dimaksud on campus adalah, kegiatan prajabatan dilaksanakan dengan internalisasi materi di “Kampus” pusbangtendik, Sawangan, Depok, Jawab barat yaitu dari tanggal 15 Mei hingga 29 Mei 2015. Sedangkan kegiatan off “Kampus” adalah Aktualisasi dari materi yang telah diberikan di “Kampus”Depok untuk di implementasikan di unit kerja masing-masing yaitu mulai tanggal 1 Juni s/d 18 Juni 2015. Sedangkan ujian akhir akan dilaksanakan pada 23-25 Juni 2015 di Pusbangtendik. Output dari On 1 (15 Mei sd 29 Mei) adalah Proposal Rancangan Aktualisasi yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2015 dan Ujian materi komprehensif yang telah dilaksanakan tanggal 28 Mei 2015. Output dari Off 1 (1 Juni s/d 18 Juni 2015) adalah Laporan aktualisasi dari segala kegiatan yang dilaksanakan di unit kerja masing-masing. Output dari On 2 (23-25 Juni 2015) adalah Sidang/seminar akhir untuk mempresentasikan Aktualisasi yang telah dilaksanakan selama off. Presentasi ini akan dihadiri oleh Mentor (pembimbing) dari masing-masing unit kerja.

Internalisasi Materi ANEKA

Materi yang saya dapatkan selama prajabatan adalah : ANEKA yang merupakan kepanjangan dari Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti Korupsi. Masing-masing nilai-nilai dasar tersebut memiliki indikator yang harus diinternasilasi pada masing-masing peserta diklat untuk diaktualisasikan selama pelaksanaan off kampus di masing-masing unit kerja.

Indikator dari Akuntabilitas yaitu: Tanggung jawab, Jujur, Kejelasan target, Netral, Mendahulukan kepentingan publik, adil, Transparan, Konsisten, Partisipatif. Indikator dari Etika Publik yaitu : Jujur, Bertanggung jawab, Integritas tinggi, Cermat, Disiplin, Hormat, Sopan, Taat pada peraturan perundang-undangan, Taat Perintah, Menjaga rahasia. Indikator dari Nasionalisme adalah: sesuai dengan Pancasila Sila kesatu sampai kelima. Indikator dari Komitmen mutu yaitu: Efektivitas, Efisiensi, Inovasi dan Berorientasi mutu. Indikator dari Anti Korupsi yaitu: Jujur, disiplin, Tanggung jawab, Kerja keras, Sederhana, mandiri,Adil, Berani, peduli.

Selama proses internalisasi dilaksanakan, materi-materi yang diberikan oleh Widyaiswara (WI) adalah materi-materi yang berkaitan dengan nilai dasar tersebut. Metode penyampaian materi dilakukan dengan 20 menit pola lama yaitu WI menyampaikan materi, selanjutnya adalah studi kasus yang disampaikan dari cerita maupun video lalu peserta yang dibagi dalam group wajib melakukan diskusi dan hasil diskusinya harus dipresentasikan. Hampir semua materi yang diberikan adalah dikaitkan dengan peraturan pemerintah serta beberapa perundang-undangan. Beberapa PP dan UU yang sempat dibahas dalam materi-materi oleh WI adalah : PP no.46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja PNS; UU no.14 tahun 2008 yaitu tentang keterbukaan informasi publik; UU no.5 tahun 2014 yaitu tentang Aparatus Sipil Negara; Peraturan Kepala LAN no.11 tahun 2011 yaitu tentang pedoman penyelenggaraan diklat prajabatan CPNS; PP no 42 tahun 2004 yaitu tentang kode etik PNS; PP no 53 tahun 2010 yaitu tentang disiplin PNS dan masih banyak lagi peraturan-peraturan perundang-undangan lain yang dibahas selama diskusi. Bersenang-senanglah bagi anda yang memiliki background study  sosial, hukun dan  ilmu pemerintahan yang sudah sangat paham tentang materi ini dan berpusing-pusinglah bagi anda yang berada diluar background study tersebut. Sayapun masuk diantara kelompok yang ke-dua.. kelompok orang-orang pusing..hehehe…

(Bagi yang akan prajab dalam waktu dekat ini: siapkan perlengkapan anda yang bisa terkoneksi dengan internet dengan cepat. Bawa aja semua dikelas… hehehe…)

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on June 4, 2015, in experince. Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. Cerita ini sangat membantu bagi saya yang kebetulan baru mendapat gelar CPNS, dapat saya ingat untuk prepare kegiatan yang sama nantinya.. terima kasih kepada penulis,semoga kegiatan on-2 nanti bisa selancar dan sesukses kegiatan sebelumnya. Jangan lupa ditulis lagi ya cerita-cerita sambungannya.. hehe..
    Salam juga untuk teman penulis yang sudah turut berkontribusi sehingga tulisan ini tercapai.

    • tulisan spesial berdasarkan request seorang kolega saya yg jg dosen di institusi yg sama tetapi beda program studi… heeeheee… tak baless kamu yaa ntar klo sdh prajab tak suruh nulis juga kamu… hihi…

    • share ya gan kalau sudah prajabatan

  2. Wah mba, perka lan no 38 th 2014 mengenai prajabatan untuk golongan 3 gak nyampe 3 bulan kok, klo yang nyampe 3 bulan itu perka lan yang lama, udah gak berlaku,

  3. Mba Tantri..minta dong kisi kisi soal prajab ANEKA ? boleh ya?

  4. hanyamanusiabiasa

    pemerintah tidak sadar materi akuntabilitas, komitmen mutu & anti korupsi itu sangat ekstrim di modulnya… tanpa asas kekeluargaan hanya ada 2 pilihan bagi pns baru :

    1. sangat mantap dalam kinerja idealis sesuai “text book” tapi di profesinya pura2 bodoh/tak tau demi menyelamatkan keutuhan negara kesatuan republik indonesia (meredam masalah)

    2. sangat mantap dalam kinerja plus idealis yang tak tergoyahkan yang akhirnya akan berakhir kepada terseretnya instansi dan pimpinan kedalam masalah yang pelik.. bukan tak mungkin berakhir kepada bocornya rahasia negara yang pasti sangat ditunggu-tunggu “pasukan bayaran nasbung”

    pns terutama yang muda merupakan ujung tombak / akar rumput yang berhadapan langsung dan memukul balik lawan-lawan pemerintah yang coba-coba memprovokasi rakyat dari bawah.

    lain kali pemerintah harus lebih jeli menetapkan widyaiswara… karena widyaiswara yang ekstrim dapat mencetak pns-pns idealis berlebihan yang dikemudian hari akan mengkudeta pemerintah

    pembaharuan memang dibutuhkan pns tapi mohon pake hati bos

  5. nice share ya mba
    saya juga cpns baru
    kalau ada materinya bisa di share ya mbak

    • dirimu mau materi apa Chriss? seingetku dulu materiku berupa buku hardcopy deh.. tapi aku ndak tau apakah materi diklat prajab dosen dan nondosen itu sama??!! hehe

  6. met malam mb…mb minta tolong ada contoh rancangan aktualisasi untuk subudang pelaporan dan akuntansi yang inofasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: