Money minded


Uang memang sesuatu yang fundamental sebagai hal yang penting demi kelangsungan hidup seseorang. Tetapi uang juga dapat berperan ganda dalam kehidupan seseorang. Ia dapat menjadi air yang menenangkan dan menyegarkan, tetapi juga dapat menjadi sesuatu yang menghanyutkan dengan gelombang yang terlalu besar hingga orang-orang tersebut menjadi terlalu terbuai dengan sosok Uang. Karena peran uanglah, seseorang menjadi terlalu apatis. Karena sosok uanglah seseorang menjadi terlalu individualis dan karena sosok uanglah seseorang menjadi gila kerja hingga gila hormat. Tetapi apabila dilihat dari segi positif, uang dapat menjadi salah satu alat untuk berderma, salah satu alat untuk membahagiakan orang lain serta salah satu alat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kehidupan.

Namun, apakah peran uang dalam kehidupan seseorang dapat seimbang antara peran positif dan peran negatif? Kalau keseimbangan peran uang dapat terjaga dengan baik, suatu negara pasti tidak akan terjadi perebuatan kekuatan dan kedudukan karena uang; Tidak akan juga terjadi korupsi yang rata-rata dilakukan oleh orang-orang yang sebenarnya sudah memiliki banyak uang. Keseimbangan peran uang dengan semakin bergulirnya waktu dan semakin berkembangnya suatu negara, justru akan mengarah kepada peran negatif dari uang. Jiwa konsumtif menjadi salah satu penyebabnya. Ditambah lagi fasilitas yang mendukung jiwa-jiwa konsumtif atas nama kemoderenan juga menjadikan seseorang lebih terbuai terhadap peran negatif dari uang. Uang menjadi salah satu pemicu seseorang untuk bekerja, tanpa adanya uang maka seseorang tidak akan mau bekerja dengan baik. Loyalitas menjadi dipertanyakan.

Ambil contoh kecil saja yaitu peran uang di suatu instansi. Dimana terkadang uang yang direpresentasikan dengan gaji pada tiang-tiap orang disuatu instansi menjadi pemicu adanya kecemburuan sosial. Perasaan ketidakadilan antara besar kewajiban serta hak yang diterima sering kali menjadi pemicu kecemburuan hingga ketimpangan sosial. Ujung-ujungnya menjadi, tidak ada uang maka tidak akan bekerja dengan baik. Atau kalau disuatu instansi pemerintahan, tidak ada SK maka tidak usah bekerja (Karena SK nantinya dapat ditukarkan dengan uang remunerasi). Hingga orang-orang berlomba untuk mengumpulkan SK ataupun mengumpulkan bukti bahwa mereka telah bekerja dengan lebih sehingga layak untuk mendapatkan Uang dengan nominal 0 yang banyak dibelakangnya. (Walaupun kadang-kadang SK tersebut terkesan dipaksakan untuk dibuat). Apabila 0 yang diterima dalam remunerasi dirasa lebih kecil dibanding rekan sejawat yang pekerjaannya dianggap lebih sedikit, maka protes dan cemburulah seseorang tersebut. Hingga akhirnya terjadi perbanding-perbandingan antara orang satu dengan orang lain. Padahal sebenarnya yang diterima sudah cukup banyak, tetapi perasaan ketidakadilan karena orang lain mendapat lebih banyak justru menjadi pemantik kecemburaun tersebut. Perlombaan banyak-banyakan bukti telah bekerja dalam selembar kertas SK menjadi semarak dan berjalan dengan serunya. Protes-protes karena bukti-bukti tersebut ada yang belum ter-input kedalam suatu sistem penghitung Uang yang diterima juga marak terjadi. Sehingga sifat negatif uangpun menjadi semakin menonjol dibandingkan sifat positif.

Uang memang suatu yang fundamental dan penting dalam kehidupan kita, tetapi jangan biarkan uang menjadikan kita terlalu gelap mata untuk berbuat hal-hal negatif. Jangan terlalu rakus terhadap uang karena lama-kelamaan justru ia yang akan menggerogoti kehidupan kita. Jagalah keseimbangan antara positif dan negatif dari uang dan yakinlah bahwa  uang akan datang dengan sendirinya kalau Tuhan menganggap kita membutuhkan dan do your best tanpa memikirkan hasil berupa uang karena nantinya dia akan dengan sendirinya hadir sebagai buah dari do our best dalam setiap hal..🙂

About tantri

I am nobody who really want to be somebody. Extremely introvert cheerful and easy going girl.. :) Thanks for visiting this blog... ^^

Posted on November 25, 2015, in experince. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Wiihh….followermuu banyaakk..Putuu… Kerreens.

  2. Follower muuh banyaaknyuaa..Putu. Banyak yg nunggu tulisanmuuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: