Pesto


Pesto (bukan pasta loo..tapi pEsto), merupakan salah satu makanan Italia yang saya cintai selain my hand-cook spagethy tentunya..:). Saya mencintai makanan ini selain karena enak juga karena menurut saya sehat. Bayangkan saja, warna makanan yang hijau yang notabene tidak jauh beda dengan warna sayuran kaya akan zat besi. Selain itu, menurut saya hijau adalah lambang keindahan Nusantara sebagai zambrut katulistiwa..(heheh.. kok jadi ndak nyambung sama ulasan kuliner yah..:p ).

Pesto (pengucapan Italia: [pesto], Genoa: [pestu]) adalah saus yang berasal dari Genoa di daerah Liguria di Italia utara (pesto alla Genovese), dan secara tradisional terdiri dari sayuran ala italia, kemangi bawang putih dan kacang dicampur dengan minyak zaitun dan keju. Sebenarnya makanan ini merupakan hasil olahan yang didasari oleh keju buatan orang romawi kuno yang dicampur dengan Basilicum. Nah, tanaman basil sendiri sangat cocok dan bisa tumbuh subur jika ditanam di kawasan Liguria Italia dan Prancis,walau sebenarnya tanaman ini sudah pernah dikembangkan di North Africa dan India. Lalu kemudian orang Genoa,Liguria Italia menggunakan daun Basil ini untuk dicampur dengan pine nuts (sejenis kacang yang berbentuk seperti beras tetapi berukuran agak besar), Bawang putih dan sedikit olive oil. Lalu,makanan itu terkenal dengan sebutan Pesto. Sedangkan di Perancis disebut Pistou dengan menambahkan keju dan daun parsley tetapi tidak menggunakan olive oil.

Bumbu pesto dalam kemasan

Nah, dulu saya sering membeli bumbu pesto kemasan yang bisa dengan mudah dipanaskan dan saya tinggal menyiapkan pasta(spageti,macaroni,atau jenis2 lainnya). Cara membuatnya mudah saja, tinggal menumis bumbunya beberapa menit lalu mencampurnya dengan pasta laluuuu..siap dihidangkan. Tetapi jika ingin mencoba memasaknya sendiri, berikut resepnya :

1 / 2 gelas kacang pine
1 / 2 cangkir minyak zaitun extra virgin
1 1 / 2 cangkir arugula (atau sayuran basilica yang sudah di blend atau siap masak)
1 / 4 cangkir peterseli
2 siung bawang putih, garam, merica (sesuai kebutuhan)

Campurkan semua bahan diatas dan saus pesto siap dihidangkan dengan ditumis terlebih dahulu lalu dicampurkan jenis pasta yang diinginkan.

Selamat mencoba…^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: