Stamppot


Stamppot dengan kool

Stamppot merupakan makanan tradisional Belanda yaitu campuran Kentang rebus dan sayuran rebus yang dihaluskan bersamaan. Pertama kali saya melihat makanan ini, saya membayangkan bahwa makanan ini tak jauh beda dengam makanan bayi karena memang bentuknya seperti bubur bayi. tetapi, rasanyaaa lezaaat.. apalagi kalau dimakan saat musim dingin dari balik jendela sambil memandang salju turun. waahh… indahnyaaaa…^^

Berikut akan saya tuliskan resep membuat Stamppot ala Ton Visser seorang dokter spesialis anastesi RS. Eindoven, NL yang memang doyan bereksperiment di dapur.

Bahan :

1. Kentang yang direbus sampai benar-benar matang (kurang lebih 25 menit) lalu ditiriskan sampai benar-benar tidak terandam oleh air.

2. Sayuran yang boleh dipilih sesuai selera. Ton menggunakan mencampurkan brokoli karena pada saat itu hanya brokolilah yang ada di kolkas, tetapi suatu ketika saya pernah mencoba dengan wortel karena warnanya lebih cerita. Both of them was..lekeeerr…:)

3. Daging asap yang sudah dicincang kecil-kecil. Sebenarnya ini adalah bahan optional yang boleh dihilangkan,tergantung selera. Tetapi lagi-lagi menurut Ton, daging ini dapat memperkaya rasa stamppot dan merupakan resep traditional keluarga visser secara turun temurun (katanya sih..:) )

4. Susu cair. Sebenarnya,ini hanya kreasi saja. boleh tidak menggunakan susu,tetapi menurut Ton lagi, susu dapat menggugah selera makan dan menambah timbunan lemak supaya hangat dimusim dingin..

5. Garam,merica dan bumbu-bumbu dasar sesuka hati.

Cara:

Tumbuklah kentang dan sayuran rebus dengan menggunakan suatu alat khusus. (kalau di Netherland dijual suatu alat khusus penumbuk untuk membuat stamppot). Tumbuk jangan sampai terlalu halus, tetapi cukup halus dan tercampur rata antara sayur dan kentang.

Tumis daging asap cincang hingga harus, dengan menggunakan butter lalu campurkan daging asap cincang tersebut kedalam adonan tumbuk. Aduk hingga rata dan tambahkan sedikit susu,garam maupun merica sesuai selera.

Daaaannn… Stamppot siap dihidangkaaann…

Selamat mencobaaa…^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: